Jamaah Haji Gresik Diminta Fokus Ibadah, Jangan Terganggu HP

0
33 views
Calon jamah haji asal Gresik diberangkatkan dari Kantor Pemkab Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim secara simbolis memberangkatkan sebanyak 1.588 calon jamaah haji asal Gresik dari Halaman Kantor Bupati Gresik, Jum’at (18/8/2017).

Dalam kesempatan itu, Bupati Sambari berpesan kepada seluruh jamaah haji asal Kabupaten Gresik agar selalu mendoakan daerah yang dipimpinnya tetap aman dan sejahtera. Ia berharap para jamaah diberi kelancaran dan kembali menjadi haji mabrur.

“Doakan kami semua terutama saat melakukan wukuf di Arofah, agar kita yang ada di Gresik ini diberikan keselamatan Iman dan takwa dan selalu sejahtera,” kata Sambari.

Sementara Wabup Gresik Moh. Qosim berpesan kepada para jamaah agar saat melakukan ibadah haji di Tanah Suci Makkah fokus beribadah. Jangan sampai terganggu HP atau gadget. “Pergunakan HP hanya untuk komunikasi seperlunya,” ujarnya.

Ketua DPC PKB Kabupaten Gresik itu juga mengingatkan agar seluruh jamaah selalu meningkatkan kerukunan, persatuan dan sabar. Jangan sampai masalah sedikit saja menjadikan pertengkaran, baik antar jamaah maupun dengan suami atau isteri.

“Ingat, kerukunan, persatuan dan sabar itu penting. Jangan takut ketinggalan karena rombongan tidak akan berangkat kalau jumlahnya belum lengkap. Saling membantu bagi yang butuh bantuan terutama anggota rombongan yang sepuh,” ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag Gresik, Supandi melalui kabag Humas Suyono mengatakan, calon haji Gresik yang diberangkatkan tahun 2017 ini sebanyak 1588 jamaah. Mereka terbagi dalam 4 kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 62,63,64 dan 67.

“Untuk kloter 62 sudah diberangkatkan Kamis kemarin menuju Asrama Haji Sukolilo antara pukul 04.00-06.00 WIB. Seluruh kloter 63 dan sebagian kloter 64 adalah jamaah yang ikut pelepasan secara simbolis di halaman kantor Pemkab Gresik. Sedangkan kloter 67 berangkat besok Sabtu langsung masuk Asrama Haji Sukolilo pada pukul 10.30,” jelas Supandi. (sdm/as)