AMP Extension page

Ribuan Calon Penumpang Tertahan di Pulau Bawean Akibat Gelombang Tinggi

Kapal Express Bahari saat sandar di Pelabuhan Bawean beberapa waktu yang lalu. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Tiga armada kapal yang biasanya mengangkut penumpang dari Gresik ke Pulau Bawean, yaitu kapal Express Bahari, Natuna Express dan KMP Giliiyang tidak bisa berlayar karena cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi di laut Jawa.

Akibatnya, ribuan calon penumpang kapal laut tertahan di Pulau Bawean. Keberangkatan tiga kapal yang melayani penyeberangan dari Gresik ke Bawean dan sebaliknya tertunda karena tidak mendapat izin berlayar dari KSOP Gresik.

Tak hanya itu, ratusan warga Malaysia keturunan Bawean yang berlebaran di Pulah Bawean juga terpaksa harus merelakan tiket pesawatnya hangus lantaran tidak ada kapal menyebrang dari Pulau Bawean menuju Pelabuhan Gresik.

“Keluarga saya saja ada 12 orang yang sudah booking pesawat ke Malaysia tanggal 21, kalau tidak ada kapal pasti hangus,” kata Marzuki, warga desa Pekalongan, Kecamatan Tambak Bawean, Gresik, Senin, (18/6/2018).

Kepala Dishub Gresik Nanang Setiawan mengatakan, setelah melakukan koordinasi dengan pihak KSOP Gresik, kapal laut baru diberi izin berlayar menuju Pulau Bawean pada besok, Selasa (19/06/2018), pukul 13.00 WIB.

“Data BMKG kondisi aman layar tetap pukul 13.00 WIB. Semoga trend nya tetap membaik, mohon maaf keputusan KSOP tetap pukul 13.00 WIB, rencana EB (Express Bahari) baru akan bisa layar, “terang Nanang via Whatsapp.

Sementara BMKG Sangkapura Bawean memperkirakan bahwa kondisi cuaca mulai membaik. Pada tanggal 19 Juni 2018, tinggi gelombang laut maksimal mencapai 2,2 meter.

“Kelihatannya cuaca mulai membaik, kalau besok ini maksimal 2,2 meter,” kata Iqbal, petugas BMKG Bawean sambil menyodorkan prakiraan cuaca apdate terakhir.

Sementara menurut Reven, Kepala PT SIM Cabang Gresik, asalkan mendapatkan izin berlayar kapal Express Bahari sudah siap berlayar dari Gresik ke Pulau Bawean pada besok pagi, Selasa (19/6/2018). “Kalau dari Gresik bisa berangkat pagi, siangnya EB bisa PP langsung berangkat ke Gresik,” kata Reven. (abr)

No Response