Jumat Legi, Makam Sunan Ampel Dipadati Peziarah

No comment 2600 views

Para peziarah memadati makam Sunan Ampel Surabaya pada malam Jumat Legi. (Foto: BG/Hr)

BeritaGresik.com – Ribuan peziarah memadati makam Sunan Ampel, Surabaya, pada Jumat Legi (manis) (17/11/2017). Para peziarah datang dari berbagai daerah tumpah ruah untuk melakukan takziah.

Pantauan di lapangan, Jumat (17/11) dini hari, para peziarah sudah tanpak mulai berdatangan ke pemakaman Sunan Ampel. Mereka datang dari berbagai daerah, baik dari Surabaya, Gresik dan daerah lainnya.

Menurut pimpinan komunitas Driyorejo Bersatu Heru Mustofa yang saat itu kebetulan sedang melakukan takziah, para peziarah mulai memadati makam Sunan Ampel sejak Kamis malam hingga Jumat pagi.

“Pemakaman sunan ampel sangat padat dengan para peziarah. Hampir seluruh tempat di sekitar pemakaman tidak ada yang kosong, sehingga para peziarah harus bergiliran untuk melakukan takziah di pemakaman Sunan Ampel,” terangnya.

Makam penyebar Islam di Tanah Jawa yang wafat tahun 1478 ini memang tak pernah sepi dari peziarah. Bahkan, selasar berukuran lima meter kali dua puluh meter tempat para peziarah memanjatkan doa, telah penuh.

Peziarah pun meluber. Mereka bersimpuh di sela batu nisan bercat putih milik keluarga dan kerabat Sunan Ampel yang bertebaran di dalam komplek permakaman itu. Peziarah terus berdatangan di makam Raden Achmad Racmatullah ini.

Ada di antara mereka yang datang sendiri. Ada juga yang tiba dengan anggota keluarga atau dengan cara berombongan. Mereka berasal tidak hanya dari Surabaya dan sekitarnya, tetapi juga dari Demak, Semarang, Madura, Bawean dan Jakarta.

Bukan tanpa sengaja mereka para peziarah berbondong-bondong datang ke makam Sunan Ampel waktu itu. Sesuai penanggalan Jawa, malam itu jatuh pada Jumat Legi. Malam yang dianggapnya baik untuk menggali berkah Sunan Ampel. (hm/as)

No Response