Bupati Segera Tentukan Dirut PDAM Gresik

No comment 408 views

Bupati Gresik Sambari saat beraudiensi dengan 13 orang calon Direktur Utama PDAM Giri Tirta Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memastikan bakal segera menentukan Direktur PDAM Giri Tirta Gresik setelah tes wawancara pada Senin (22/10/2018) mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Sambari saat beraudiensi dengan 13 orang calon Direktur Utama PDAM Giri Tirta Gresik beserta Tim Panitia Seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan (Pansel UKK), Senin (15/10/2018) di Kantor Bupati Gresik.

“Saya tidak perlu lama untuk memilih. Silahkan para Pansel UKK ini menilai langsung disamping saya. Saya akan mewawancarai satu persatu tiga orang yang diajukan ini. Setelah selesai semuanya lagsung bisa ditentukan siapa yang berhak menjadi direktur PDAM Giri Tirta Gresik,” kata Sambari.

Dari 13 orang peserta seleksi calon Direktur Utama DAM Giri Tirta yang sudah beraudiensi dengan Bupati Gresik, nantinya hanya akan diambil tiga orang yang bakal terseleksi dan dihadapkan kepada Bupati Gresik untuk wawancara langsung.

Selanjutnya, Sambari akan memilih salah satu dari tiga calon Dirut yang diajukan oleh Pansel UKK dengan mewancarai mereka satu persatu.

“Saya ingin PDAM Giri Tirta Gresik bisa semakin baik. Selama ini saya tidak pernah campur tangan jalannya seleksi. Entah siapa yang ikut seleksi, saya tidak akan melihat dan demi Tuhan tidak ada titipan. Yang saya tahu selama ini hanya jumlah pesertanya sebanyak 13 orang. Saya ingin menjaga independensi dan tidak mau intervensi. Semuanya saya serahkan kepada pansel UKK,” paparnya.

Kepada semua peserta seleksi Dirut PDAM, Sambari berharap mereka paham 100% tentang PDAM, baik itu peserta dari luar atau peserta dari PDAM sendiri.

”Bagaimana anda akan memimpin PDAM kalau anda tidak paham tentang PDAM. Jadi anda harus paham betul bisnis plan PDAM Giri Tirta Gresik,” tegasnya.

Sementara perwakilan Pansel UKK Calon Direktur Utama PDAM Gresik, M. Najib menyebutkan, ada 13 peserta seleksi Dirut PDAM. Seleksi phsycotest dilaksanakan sejak 2-4 Oktober 2018 dengan bobot 30%. Selanjutnya, pada 5-6 Oktober 2018 dilaksanakan uji tulis dengan bobot nilai 30% dan pemaparan visi-misi 40%.

“Dari semua tahapan seleksi yang sudah dilakukan, maka akan terseleksi 3 orang calon dirut, yang selanjutnya akan di ajukan kepada Bupati Gresik untuk menguji kembali dan memilih satu orang yang sesuai untuk duduk menjadi Direktur Utama PDAM Gresik,” papar Najib.

Menurut mantan Sekda Gresik ini, jadwal penentuan seharusnya dilaksanakan pada 26 Oktober 2018, namun Bupati berharap agar pada 22 Oktober 2018 selepas wawancara, nama sudah bisa ditentukan dan diumumkan.

“Hal yang diterapkan Bupati ini bagus sebagai bentuk transparansi serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan penilaiannya juga diserahkan kepada kami sebagai pansel UKK. Bupati sangat tidak ingin intervensi dan menjaga independensi,” tandasnya. (as)

No Response