Desa Glindah Kedamean Raih Penghargaan Desa Tangguh Bencana

Kepala Desa Glindah Sutri saat menerima penghargaan desa tanggap bencana. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Desa Glindah kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik mencatatkan prestasi di tingkat Provinsi Jawa Timur dalam penanggulangan bencana.

Atas prestasinya itu, desa Glindah diapresiasi dengan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto yang didampingi Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim kepada kepala desa Glindah Sutri.

Penghargaan diberikan usai pelaksanaan upacara dalam rangka peringatan HUT Provinsi Jawa Timur yang ke 72 tahun di halaman kantor Bupati Gresik, Senin (16/10/2017).

Kepala Desa Glindah Sutri menuturkan bahwa seluruh warga di desa Glindah yang jumlahnya kurang lebih 900 Kepala Keluarga (KK), semuanya sudah dibekali dengan wawasan tanggap bencana.

“Seluruh masyarakat di desa kami sudah berpartisipasi aktif dan mandiri dalam menanggulangi bencana,” kata Sutri.

Ia bersyukur atas penghargaan yang diraihnya. “Tentunya ini menjadi kebanggan tersendiri bagi warga desa Glindah atas penghargaan yang telah diraih,” ujarnya.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT Provinsi Jawa Timur ke 72 mengatakan, hendaknya desa Glindah menjadi penyemangat bagi desa-desa lainnya, khususnya dalam hal tanggap bencana.

“Agar desa-desa lain dapat menjadi desa tangguh bencana. Sebagai bagian dari program pemerintah dalam pengurangan resiko bencana,” ujar Bupati Sambari.

Lomba desa tangguh bencana merupakan kompetensi rutin yang digelar tiap tahun guna mendorong kesiapan warga dan pemangku kepentingan di daerah yang berada di kawasan rawan bencana. Pada tahun ini, lomba desa tangguh bencana tingkat Jatim diikuti 19 kabupaten/kota. (as)

 

No Response