Pelajar, Santri dan GP Ansor Bawean Gelar Upacara Bendera di Danau Kastoba

Pelajar, Santri dan GP Ansor di Pulau Bawean gelar upacara pengibaran bendera di Danau Kastoba Bawean, Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Banyak cara untuk menciptakan suasana yang lebih khidmat dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tahun ini. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh pelajar dan santri dari MBI dan Tahfidzul Quran Mambaul Falah Bawean.

Mereka memperingati HUT kemerdekaan RI ke-73 tahun ini memilih lokasi danau Kastoba Pulau Bawean, kabupaten Gresik, Jumat (17/8/2018).

Untuk mencapai lokasi danau Kastoba, para pelajar ini yang juga diikuti oleh GP Ansor Bawean harus menempuh perjalanan mendaki dengan berjalan kaki sejak pagi hari. Mereka harus menempuh jarak sekitar 2 km.

Sebelum acara dimulai, mereka masih harus mempersiapkan segala sesuatunya sendiri, seperti pengeras suara, bendera merah putih, serta berbagai atribut keperluan upacara lainnya.

Meski terlihat sederhana, suasana haru sangat terasa terutama ketika prosesi pengibaran bendera merah putih berlangsung. Mereka harus basah kuyup karena tiang bendera ditancapkan di lokasi yang cukup dalam, sehingga petugas pengibar bendera harus turun ke danau.

Direktur MBI Mambaul Falah Ali Subhan mengatakan, upacara bendera tahun ini sengaja memilih lokasi danau Kastoba karena bersamaan dengan momen Asian Games 2018, dimana rusa Bawean menjadi salah satu maskotnya.

“Untuk menanamkan semangat peduli hutan kepada para pelajar, apalagi rusa Bawean saat ini menjadi salah satu maskot asean games,” terangnya.

Usai uparaca, kegiatan dilanjutkan dengan pengucapan ikrar sumpah setia terhadap ketuhan NKRI, selanjut menancapkan 73 bendera merah putih ke dalam danau sebagai simbol peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke 73. (abr)

No Response