Mengenang Pahlawan Wissriadi, Agen Polisi yang Gugur di Manyar

0
31 views
Makam pahlawan Wissriadi, agen polisi yang tewas tertembak Belanda di Manyar, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sejarah perjuangan melawan agresi militer pasukan sekutu Inggris pada tahun 1949 dalam rangka mempertahankan Republik Indonesia telah menumpahkan banyak darah para pejuang pemberani di berbagai pelosok negeri.

Kegigihan pahlawan mempertahankan negara ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Yogyakarta. Sejarah kegigihan perjuangan anak bangsa juga terjadi di Manyar, Kaupaten Gresik.

Salah satu pahlawan di Kecamatan Manyar yang perjuangannya dikenang oleh warga setempat sampai saat ini adalah Agen Polisi Kelas II Wissriadi. Pria asal Jawa Tengah itu gugur sebagai pahlawan kemerdekaan pada Desember 1948 di Manyar.

(Foto: BG/As)

Menurut Mashudi Jakfar, warga Manyar Gresik, pahlawan Wissriadi dimakamkan di utara Desa Sidorukun, Manyar, Gresik. Konon ia ditembak oleh pasukan penjajah di sekitar Auto 2000 Toyota Manyar atau sekitar exit tol Manyar, Kabupaten Gresik.

“Trima kasih mantan Kapolsek Manyar AKP Darsuki yang sekarang jadi Kapolsek Duduksampean Gresik, yang sempat membenai (makam pahlawan Wissriadi) dan rekan Armapala,” ujarnya.

Lebih lanjut Jakfar menuturkan, pahlawan Wissriadi yang dikebumikan di Manyar gugur dalam medan peperangan. Waktu itu, Wissriadi ditembak pasukan penjajah di Dheruyung, tepatnya di sekitar Auto 2000.

Setelah lama tidak terdengar, kini prosesi penghormatan di makam pahlawan Manyar Gresik mulai dilakukan kembali. Hal itu untuk mendo’akan para pejuang waktu itu, serta mengenang kegigihan perjuangan mereka. (as)