Puncak Arus Mudik Kapal di Gresik Diprediksi H-5 Lebaran

0
76 views
Arus mudik kapal di Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Memasuki H-8 lebaran, volume penumpang kapal laut dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean masih terlihat normal. Sampai saat ini belum menunjukkan adanya peningkatan jumlah penumpang yang signifikan.

Seperti keberangkatan kapal Express Bahari 8E, Sabtu (17/06/2017), jumlah penumpang mudik ke Pulau Bawean yang tercatat di manifes sebanyak 295 penumpang dari jatah kursi tersesdia sebanyak 390 seat. Dengan demikian, masih tersisah kursi kosong sebanyak 95 kursi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, moda transportasi laut tujuan Gresik-Bawean untuk Lebaran tahun ini terlihat sangat kondusif. Selain karena kondisi cuaca yang bersahabat, jumlah armada kapal yang melayani penyeberangan lintas Gresik-Bawean bertambah dengan beroperasinya kapal Natuna Express, sehingga calon penumpang tujuan Bawean mempunyai banyak pilihan kapal untuk lebaran di kampung halamannya.

Kepala Cabang PT Sakti Inti Makmur Reven mengatakan, sejauh ini belum terjadi lonjakan penumpang yang berarti, apalagi kebijakan pemkab Gresik memberikan rute pulang dan pergi (PP) kepada kapal Bahari membuat tumpukan penumpang bisa cepat terurai.

Reven memprediksi lonjakan arus mudik ke pukau Bawean akan terjadi lima hari menjelang lebaran (H-5). “Saat ini belum, nanti mulai H-5 baru terjadi lonjakan”, imbuh Reven.

Seperti diketahui, saat ini jalur transportasi laut lintas dari Pelabuhan Gresik ke Bawean dilayani oleh tiga operator kapal, yaitu kapal cepat express bahari, kapal natuna express dan KMP Giliiyang. (abr)