Siapkan Pasukan Black Panther Antisipasi Aksi Teror di Gresik

Unit Reaksi Cepat (URC) Black Panther Reskrim Polres Gresik. (Foto: Humas Polres Gresik)

BeritaGresik.com – Polres Gresik di bawah Pimpinan AKBP Wahyu S Bintoro menyialkan tim trail yang diberi nama Unit Reaksi Cepat (URC) Black Panther Reskrim. Pasukan reaksi cepat ini resmi di launching oleh Kapolres Gresik di halaman Mako Polres Gresik, Kamis (17/5/2018) pagi.

Pasukan yang berkekuatan 45 orang ini dibentuk guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan maraknya aksi teror bom belakangan ini. Langkah ini bagian dari upaya Polres Gresik untuk meningkatkan pengamanan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu mengatakan, tim ini dibentuk untuk memberikan pelayanan cepat (quick response) kepada masyarakat, serta mengatasi situasi kontijensi yang butuh kecepatan, dengan situasi kamtibmas yang dihebohkan adanya aksi terorisme yang meresahkan.

“Kami bentuk tim reaksi cepat ini untuk siaga sewaktu-waktu ada suatu permasalahan tim bisa digerakkan dan cepat tanggap dalam menangani permasalahan. Tim ini juga disiapkan untuk menghadapi kejahatan terorisme,” ungkap AKBP Wahyu.

Anggota tim URC Black Panther Reskrim ini dilengkapi dengan body sistem kendaraan mobil, motor, rompi anti peluru, senjata laras panjang dan laras pendek. Sehingga mereka bisa ditugaskan secara promoter (profesional, modern dan terpercaya) dan patuh (proaktif, amanah, tegas, unggul serta humanis).

Tim URC Black Panther beranggotakan sebanyak 45 orang. Meteka terdiri atas 14 Polwan Polres Gresik dengan nama Tim Taktis Srikandi, Taktis Sabhara dan Black Panther Reskrim. Tim ini juga disiapkan dalam menghadapi Pilkada tahun 2018 serta Pilpres pada tahun 2019 mendatang.

Usai dilaunching, tim ini langsung melaksanakan patroli perdana di kawasan Gresik kota untuk memantau keamanan masyarakat. Mulai dari Mapolres Gresik, Stadion PT Petrokimia Gresik, Pemda Gresik Kantor KPU Gresik, kantor Bawaslu Gresik, Kawasan Perumahan GKB dan DPRD Gresik.

“Nantinya tim ini juga akan patroli di tempat ibadah, gereja, masjid dan tempat ibadah lain, serta tempat keramaian lain di masyarakat, serta dilibatkan dalam kegiatan cipta kondisi dalam memberantas penyakit masyarakat,” tutup Kapolres. (as)

No Response

Top