Seribu Lebih Rumah di Benjeng Kembali Terendam Banjir

0
291 views
Ketinggian air yang merendam Desa Sedapurklagen Benjeng mencapai 70 centimeter. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Banjir lagi, banjir lagi, begitulah suara sumbang masyarakat di Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik menyambut datangnya banjir akibat luapan Kali Lamong yang menggenangi rumah warga sejak tadi pagi, Jumat (17/2/2017).

Banjir tak hanya masuk ke perkampungan dan merendam pemukiman warga, tapi juga menggenangi jalan-jalan poros desa. Padahal, warga di kawasan Gresik utara baru saja selesai berjibaku dengan banjir. Banjir telah melumpuhkan ekonomi warga.

“Air datangnya cepat dan tiba-tiba, sehingga tidak sampai satu jam saja, perkampungan warga di Desa Sedapurklagen, Benjeng sudah seperti lautan. Dan warga hanya bisa pasrah,” kata Widya, warga Sedapurklagen saat mengawasi anaknya bermain air di depan rumahnya.

Petani panen dini takut padinya busuk akibat terkena banjir. (Foto: BG/Amn)

Saat ini warga hanya berharap agar ada solusi jangka panjang dari Pemkab Gresik agar rumahnya tak lagi tergenang banjir. “Banjir luapan Kali Lamong ini merupakan yang keempat terjadi selama dua bulan terakhir di awal tahun 2017,” ujar Widya.

Sementara itu, Camat Benjeng, Nur Yadi, langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik. Itu dilakukan untuk mengantisipasi ada warga yang sakit dan orang tua yang butuh segera dievakuasi.

“Biasanya warga memang tidak mau untuk dievakuasi, mereka sudah terbiasa menghadapi banjir luapan Kali Lamong. Dan mereka hanya mengevakuasi barang-barangnya yang ada dilantai ke tempat yang lebih tinggi,” kata Nur Yadi saat meninjau banjir di jalan raya Benjeng.

Ketua BPBD Gresik Abu Hasan mengaku sudah menerjunkan lima personil anggota BPBD ke lokasi terdampak banjir sejak kemarin. Hingga pukul 17.00 Wib, jumlah desa di Benjeng yang terdampak banjir luapan inu tercatat mencapai lima desa.

Sementara jumlah rumah yang tergenang banjir luapan Kali Lamong mencapai 1.273 rumah dengan jumlah penduduk 4.675 orang. Abu hasan berharap hujan yang turun di Benjeng tidak deras, agar tidak menambah volume banjir di kawasan setempat. (amn)