Populasi Rusa Bawean Menurun Pada 2016

0
274 views
Rusa Bawean (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Kendati tidak terlalu signifikan, jumlah populasi Rusa Bawean (Axis kuhlii) mengalami penurunan pada 2016 jika dibandingkan dengan hasil pemantauan yang dilakukan pada 2015.

Demikian disampaikan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur Ayu Dewi Utari, Senin (16/1/2017). Penurunan itu diketahui berdasarkan hasil prngamatan di alam sepanjang 2013-2016.

“Dari empat spesies prioritas (Elang Jawa, Banteng Jawa, Kakatua kecil jambul kuning dan Rusa Bawean), diketahui populasi Banteng Jawa dan Rusa Bawean (Axis Kuhlii) mengalami penurunan,” ujarnya.

Ayu menyebutkan, jumlah Rusa Bawean sedikit berkurang. Namun, penurunan jumlah ini belum mengkhawatirkan karena kegiatan reproduksi rusa lebih cepat dibanding hewan lain seperti Banteng Jawa.

Pemantauan Rusa Bawean dipusatkan di Cagar Alam/Suaka Margasatwa yang terdapat di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, di antaranya di Blok Gunung Besar, Blok Gunung Mas, dan Pulau Cina.

Berdasarkan hasil pemantauan tersebut diketahui pada 2014 jumlah rusa terpantau sebanyak 275 ekor, lalu bertambah 325 ekor pada 2015, dan turun sedikit jadi 305 ekor pada 2016. Tiada data pemantauan 2013.

“Dari hasil monitoring Rusa Bawean itu, jumlah Rusa Bawean di habitatnya, yaitu Pulau Bawean, diprediksi tidak mengalami perubahan berarti dalam pemantauan berikutnya,” terang Ayu. (as)