AMP Extension page

Pemkab Gresik Investigasi Pasar Inpres Tambak

Tim dari Pemkab Gresik datang ke Pulau Bawean guna melakukan investigasi terkait status tanah Pasar Tambak. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com –┬áPemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik akhirnya merespon persoalan Pasar Inpres Desa Tambak. Tim investigasi yang dibentuk Bupati Gresik turun ke lapangan guna menelusuri status tanah pasar tersebut, Kamis (16/11/2017).

Setibanya di Pulau Bawean, tim gabungan dari sejumlah instansi yang dipimpin Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Gresik Tarso, langsung menuju kantor kecamatan Tambak. Di sana, mereka melakukan investigasi secara tertutup.

Sayangnya, Tarso belum bersedia untuk memberikan keterangan terkait hasil investigasi di lapangan, dengan alasan masih dalam proses. “Belum mas, belum selesai, ini masih proses,” ucapnya singkat.

Pasar Inpres Tambak di Desa Tambak, Kecamatan Tambak Pulau Bawean, Gresik. (Foto: BG/Abr)

Menanggapi hal itu, Ketua Gema Pasar Saifuddin Rauf mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Gresik yang telah menurunkan tim investigasi ke Bawean.

“Ini merupakan respon positif Pemda Gresik atas dua surat kami terkait penyelamatan sset daerah, yaitu Pasar Inpres Desa Tambak,” ungkap Saifuddin Rauf, ketua Gema Pasar (Gerakan Masyarakat Perduli Aspirasi Rakyat).

Menurutnya, kedudukan Pasar Inpres Desa Tambak sudah sangat jelas merupakan milik Pemkab Gresik berdasarkan dokumen yang ada dan absah, seperti SK Bupati, surat dinas tagihan uang sewa pasar serta sejumlah bukti lainnya.

Karena itu, sudah seharusnya tim investigasi Pemkab Gresik meneguhkan identitas pasar dengan melakukan pemasangan papan nama sebagai bentuk kongkrit penyelamatan aset daerah.

“Kami mengusulkan secara tertulis pemasangan papan nama dengan kalimat Pasar Inpres Desa Tambak Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik. Saya yakin Bupati Gresik tidak akan membiarkan aset daerah apalagi hilang begitu saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, sejak pertengahan tahun 2016 lalu, Gema Pasar menemukan fakta-fakta dokumen bahwa pasar desa Tambak merupakan aset Pemkab Gresik yang disewakan kepada warga sejak tahun1982.

Atas adanya temuan itu, Gema Pasar melaporkan adanya bukti dokumen tersebut kepada Bupati Gresik. Laporan tersebut akhirnya direspon dengan membentuk tim investigasi. (abr)

No Response