Jelang Ramadhan, Wabup Sidak Harga Sembako di Gresik

Wabup Gresik Moh. Qosim melakukan sidak harga sembako di pasar tradisional di Kecamatan Benjeng, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga sembako di pasar tradisional yang terdapat di Kecamatan Benjeng, Gresik, Selasa pagi (15/5/2018).

Sidak dilakukan untuk memastikan harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasar tetap stabil menjelang datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini. Seperti beras, daging, minyak goreng, gula dan lainnya.

“Pada intinya kami meminta kepada semua pihak terutama para pedagang maupun distributor harus mampu mengendalikan harga. Jangan dimanfaatkan meraup untung yang berlebihan,” kata Qosim.

Dalam sidak yang dilakukan Wabup Qosim tersebut, hampir semua bahan pokok masih dalam harga yang stabil. Namun, komoditas sayuran mengalami sedikit kenaikan, seperti bawang merah dari harga Rp28 ribu saat ini mencapai Rp32 ribu per kilogram. Telur ayam yang semula Rp2 ribu kini menjadi Rp2.200 per kilogram.

Qosim memandang, kenaikan sejumlah kebutuhan pokok di pasar masih dalam taraf wajar dan masih dapat dijangkau oleh masyarakat.

“Kami rasa harga sembako masih stabil dan kenaikannya juga masih dalam taraf kewajaran. Itu artinya, masyarakat masih bisa menjangkau untuk membeli kebutuhan pokok di pasaran,” ujarnya.

Lebih lanjut, Qosim mengatakan, kedepan Pemkab Gresik bersama pihak terkait akan terus memantau dan mengontrol harga sembako di pasar agar tetap stabil.

Ia bahka memastikan stok sembako dan sejumlah komoditas sayuran pada bulan Ramadhan aman. Hanya saja, dia meminta agar para pedagang bisa bekerjasama dalam meminimalisasi kenaikan harga.

“Kedepan akan terus kami lakukan control lapangan guna memastikan stabilnya harga sembako,” jelas Wabup. (iis/as)

No Response