Mega Proyek Islamic Center Gresik Telan Dana Rp28 Miliar

0
335 views
Gambar tiga dimensi mega proyek Oslamic Center di Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sebuah gedung megah bernama Islamic Center bakal segera berdiri di Alun-alun Kabupaten Gresik. Mega proyek yang diperkirakan menelan biaya sebesar Rp28 miliar ini ditargetkan sudah rampung pada 2018 mendatang.

“Kami berharap semua proyek Islamic Centre ini bisa rampung total pada tahun 2018,” kata Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dalam acara sosialisasi yang dihadiri be4bagai elemen masyarakat Gresik di Ruang Rapat Puteri Mijil komplek Pendopo Bupati Gresik, Kamis (16/3/2017).

Dari gambar tiga dimensi yang berbentuk animasi, tanpak gedung Islamic Centre terkoneksi dengan Masjid Jami’ Gresik melalui dua jembatan kembar. Gedung berlantai dua ini terlihat begitu megah dan artistic dengan pagar di bagian kanan dan kiri.

Sambari menyebutkan, total anggaran pembangunan Islamic Centre tersebut direncanakan menelan biaya Rp28 miliar. Pada tahun ini anggaran yang disiapkan sebesar Rp 20 miliar. Lalu sisanya, akan diselesaikan pada tahun anggaran 2018.

“Kami berharap seluruh bangunan konstruksi selesai semua pada tahun 2017. Dan pada 2018 tinggal beberapa finishing,” ujar Sambari.

Selain sebagai program unggulan yang pernah dijanjikan Sambari saat kampanye Pilkada Gresik beberapa tahun yang lalu, program pembangunan Islamic Center dikatakan untuk memagari masyarakat santri Gresik dari pengaruh budaya luar.

“Saya sadar, pengaruh investasi, industri, lelabuhan international secara tidak langsung dapat mempengaruhi budaya masyarakat Gresik. Cara inilah yang kami upayakan untuk melindungi masyarakat santri,” ucapnya.

Ketua Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Gresik KH. Mansyur Shodiq menyatakan sangat senang dan mendukung pembangunan kawasan religi Islamic Center di tengah pusat kota Gresik.

“Saya menginginkan pertemuan ini tak hanya sekali ini saja, tapi ada pertemuan lanjutan dengan para Kyai dan alim ulama di wilayah Gresik,” tandas Kiai Mansur. (as)