Wartawan Gresik Berang Spanduk Hari Pers Hilang

0
106 views
Salah satu spanduk Hari Pers Nasional (HPN) 2017 milik Komunitas Wartawan Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGtesik.com – Sejumlah spanduk HPN (Hari Pers Nasional) KWG (Komunutas Wartawan Gresik) tahun 2017 yang terpampang di sejumlah titik tiba-tiba raib, Rabu (15/2). Ditengarai spanduk itu sengaja dihilangkan orang tak bertanggungjawab dengan motif tertentu. Pasalnya, pada Selasa (14/2), spanduk-spanduk itu masih terpampang di tempatnya.

Sedikitnya, ada tiga spanduk HPN KWG 2017 yang diduga sengaja dihilangkan. Yaitu, di Jalan Dr. Wahidin SH, tepatnya depan kantor Pemkab Gresik, di depan pos polisi Randuagung Kecamatan Kebomas dan perlimaan Sukorame Kecamatan Gresik.

“Ya pak spanduk yang saya pasang tiba-tiba hilang,” kata Embet, yang dimintai KWG untuk memasang spanduk kepada BeritaGresik.com, Kamis (16/2/2017).

KWG cari tahu pelaku yang mencopot spanduk HPN 2017 lewat CCTV Dinas Perhubungan Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

Indikasi kalau spanduk-spanduk tersebut sengaja diraibkan oleh orang tak bertanggungjawab sangat jelas diakui M. Sugeng, salah satu anggota KWG. Sebab, masih ada bekas sobekan spanduk di tali pengikat. Kemudian, di sekitar raibnya spanduk tidak ada bekas spanduk tersebut.

“Tujuannya, bisa ingin menggagalkan kegiatan KWG dalam memeringati HPN tahun 2017 yang kebanyakan memiliki misi sosial,” ujar Sugeng.

Pihak KWG, tambah Sugeng, tidak akan tinggal diam melihat kejadian tersebut. “Sebab, pelakunya kalau dibiarkan akan ngelamak (menjadi-jadi). Kami tengah mencari tahu siapa yang sengaja melenyapkan spanduk HPN KWG. Pasalnya, spanduk yang terpampang di samping kanan kiri spanduk kami masih ada, dan aman,” jelas Sugeng.

“Kalau pelakunya ketangkap kami laporkan perusakan dan pencurian,” ancamnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan Umum dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Satpol PP Pemkab Gresik Agung Endro menyatakan tidak tahu menahu terkait hilangnya spanduk tersebut. Kata dia, Satpol PP tidak ada agenda penertiban spanduk yang terpampang di sudut-sudut kota Gresik.

“Kalau pun ada, saya sudah wanti-wanti agar tidak menertibkan spanduk milik wartawan. Tidak ada penertiban spanduk,” katanya. (wan)