Saluran Air di Gresik Dipenuhi Bangunan Liar

0
86 views
Saluran air di Karangturi, Kecamatan Gresik, dipenuhi oleh bangunan liar. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Sejumlah saluran air di kawasan Kota Gresik dimanfaatkan untuk mendirikan bangunan. Aktivitas ilegal ini buruk untuk kelancaran drainase serta dapat memicu terjadinya banjir di kawasan tersebut.

Pantauan beritagresik.com fenomena ini terlihat di kawasan Jalan Gubernur Suryo, Dusun Karangpoh, Kelurahan Karangturi, Gresik. Di atas saluran lokasi tersebut, berdiri sejumlah bangunan tempat tinggal, gudang dan kandang ayam.

Rudi (25), salah seorang warga setempat, mengaku tidak tahu menahu terkait pendirian bangunan di atas saluran irigasi tersebut. “Yang saya tahu kalau di atas saluran irigasi tidak diperbolehkan, karena sudah jelas dalam peraturan daerah,” ujarnya.

Seperti diketahui, mendirikan bangunan di atas saluran irgasi merupakan tindakan yang dilarang. Larangan itu ditegaskan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 10 Tahun 2014 tentang Irigasi.

Jika aktivitas ilegal itu dibiarkan dan tidak segera dilakukan penertiban, kata Rudi, maka bangunan liar di atas saliran irigasi akan semakin banyak. Kondisi ini dapat menimbulkan masalah baru di kawasan setempat, salah satunya adalah banjir.

“Nantinya bisa menimbulkan masalah baru di wilayah tersebut, terhambatnya aliran air maupun banjir dan lain-lain,” imbuhnya. (wan)