Ganggu Ketertiban, PKL Liar di Gresik Ditertibkan

0
435 views
Petugas Satpol PP Gresik saat melakukan penertiban PKL liar di depan Kantor DPRD Gresik, Senin pagi (16/1/2017). (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Satpol PP Kabupaten Gresik melakukan penertiban terhadap sejumlah pedagang kaki lima (PKL) liar yang kerap memanfaatkan fasilitas umum untuk berjualan di sejumlah kawasan di kot Gresik, pada Senin pagi (16/1/2017).

Penertiban yang dipimpin Kabid Trantibum Satpol PP Gresik, Moelyono, ini dilakukan mulai dari Jl Dr Wahidin, Jl Kartini, Jl Veteran, Jl Dr Sutomo, Jl Pangsud, Jl Kaksa Agung, Alun-alun, Jl Usman Sadar, hingga sepanjang jalan utama GKB.

“Penertiban Perda No.15 tahun 2013 ini rutinitas tiap hari, agar pemandangan kota hususnya di jalur protokol terlihat bersih bebas dari PKL liar,” kata Satpol PP Gresik lewat berita release yang diterima redaksi BeritaGresik.com, Senin (16/1/2017).

Sebelumnya petugas Satpol PP dikatakan sudah memberikan sosialisasi lewat teguran, agar para PKL tidak menggunakan fasilitas umum untuk berjualan. Namun, beberapa PKL tetap bandel dan berjualan di sejumlah kawasan yang sudah dilarang.

“Maka, anggota dengan tegas menindak PKL yang bandel dengan cara menyita barang dagangan. Barang dagangan tersebut bisa diambil di kantor, tapi sebelumnya pedagang akan diberi pembinaan khusus,” jelasnya.

Satpol PP mengimbau kepada para PKL agar tidak mengulangi perbuatannya, yakni berjualan dengan memanfaatkan fasilitas umum. “Karena kerjasama dari pedagang juga penting agar kota Gresik terlihat indah dan tidak kumuh,” pungkasnya. (as)