Kadis PMD Gresik Imbau Desa di Bawean Segera Bentuk BUMDes

0
14 views
Kegiatan pembinaan administrasi pemerintahan desa di pendopo Kecamatan Tambak Bawean, Gresik, Jumat (15/9/2017). (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com –┬áKepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik Tursilowanto Hariogi mengimbau kepada desa-desa yang ada di Pulau Bawean, Gresik, segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Imbauan itu disampaikan oleh Tursilo di depan seluruh kepala desa se-Kecamatan Tambak Bawean saat melakukan kegiatan pembinaan administrasi pemerintahan desa di pendopo Kecamatan Tambak Bawean, Gresik, Jumat (15/9/2017).

Dengan membentuk BUMDes, desa-desa yang ada diharapkan mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki, sehingga menjadi mandiri dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang bagus.

Tursilo menyebutkan, salah satu syarat menjadi desa madiri yaitu memiliki sumber keuangan yang mandiri. Untuk itu, desa harus mampu menggali sumber pendapatan asli desa melalui BUMDes dengan menggali potensi desa masing-masing.

“Kita tumbuhkan perekenomian desa dengan BUMDes. Kita jadikan desa kita cantik seperti harapan pemerintah pusat,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa mekanisme pembentukan BUMDes dilakukan melalui musyawarah desa. Kemudian, dibuat susunan pengurus, jenis usaha dan modal awal yang akan diberikan kepada BUMDes tersebut.

“Melalui Musdes, outputnya berupa Perdes yang mengatur tentang BUMDes”, pungkasnya.

Sementara itu, Camat Tambak Fatah Hadi dalam sambutannya mengingatkan agar kepala desa lebih berhati-hati dalam mengelolah keuangan desa. Ia menekankan agar dana desa digunakan sesuai dengan keperluan.

“Bukan bermaksud ikut campur, tapi saya sarankan dana yang masuk ke rekening desa silahkan tarik seperlunya, sesuai jadwal kegiatan demi kebaikan dan keselamatan bersama,” imbuhnya. (abr)