Calon Kades Tak Dapat Izin Cuti, Warga Demo Kantor Camat Duduksampeyan Gresik

0
35 views
Massa demo di depan kantor Kecamatan Duduksampeyan terkait masalah pilkades. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Gara-gara calonnya belum mendapatkan izin cuti, pulahan massa pendukung salah satu calon kepala desa (Kades) Panjunan, menggelar aksi demo di kantor Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Jumat (15/9/2017).

Koordinatoe lapangan aksi demo, Ngatihan mengayakan, pihaknya bersama warga Panjunan menuntut supaya Suwanto, calon Kades Panjunan yang saat ini menjabat sebagai Sekretarus Desa Panjunan, segera diberi izin cuti dari pegawai negeri sipil (PNS).

Seperti diketahui, Suwanto dicalonkan oleh sejumlah warga Desa Panjunan untuk bertarung dalam Pilkades serentak 2017. Pak Suwanyo maju sebagai calon kades karena diminta warga,” terang Ngatihan.

Namun demikian, sampai sekarang calon kades tersebut masih terkendala izin cuti dari PNS. Karena itu, massa pendukungnya datang ke Kantor Camat Duduksampeyan. Sambil membentangkan poster tuntutan, massa juga menuntut adanya pertemuan dengan Muspika Duduksampeyan.

Kendati sempat terjadi ketegangan antara staf kecamatan dengan para pendemo, aksi unjuk rasa berjalan dengan tertib berkat adanya pengamanan dari Polsek dan Moramil Duduksampeyan, Gresik.

“Awalnya para pendemo hendak menuju kantor Bupati Gresik, tapi Muspika Duduksampeyan meminta pengunjuk rasa untuk datang ke kecamatan saja,” kata Suropadi, Camat Duduksampeyan.

Dia menjelaska, bahwa izin cuti Suwanto yang saat ini menjabat sebagai PNS di Sekretaris Desa Panjunan merupakan wewenang Bupati Gresik. Terkait hal itu, Bupati Gresik menyarankan supaya Suwanto tetap di PNS Sekretaris Desa saja.

“Dengan alasan supaya bisa membantu administrasi pemerintahan desa,” kata Suropadi yang di dampingi oleh Kapolsek serta Danramil Duduksampeyan, Gresik.

Pada tahun ini ada 20 desa di Kabupaten Gresik yang akan menggelar pemilihan kepala desa serentak alias bersama-sama, termasuk salah satunya Desa Panjunan, Kecamatam Dusuksampeyan, Gresik. (amn)