TNI Beri Bantuan Bendera ke Petani Garam Manyar

0
20 views
Koramil 0817 Manyar, Gresik, beri bantuan bendera kepada petani garam di Sukomulyo, Manyar. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72, masih ada di antara sebagian warga Gresik yang belum bisa mengibarkan bendera Merah Putih lantaran tidak memiliki biaya untuk membelinya.

Pemandangan itu terlihat di rumah-rumah para petani garam yang ada di Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Banyak di antara mereka yang hingga kini belum mengibarkan bendera sama sekali.

Penghasilan yang menurun dampak dari kenaikan harga garam ikut menyebabkan petani garam tak mampu membeli bendera untuk dipasang di depan rumahnya.

Memgetahui ada puluhan rumah peyani garam belum memasang bendera merah putih, TNI Koramil 0817 Manyar dengan sigap mendatangi rumah mereka untuk memberikan bendera beserta tiangnya, Selasa (15/8/2017).

Pelda Sunarto, Wadanramil mengatakan, bahwa giat ini tidak hanya dilakukan di wilayah perkotaan, namun juga di pelosok-pelosok seperti di area petani garam ini.

“Di sini kami lihat para petani garam belum ada yang memasang bendera dan sudah kami siapkan sekitar 20 bendera untuk dipasang di depan rumah para petani garam” kata Pelda Sunarto.

Wadanramil mengatakan, target dari giat ini adalah mengajak warga untuk meramaikan Peringatan 17 Agustus serta sebagai pengingat perjuangan para pahlawan.

“Agar semua masyarakat bisa ikut meramaikan Peringatan 17 agustusan serta masyarakat selalu ingat dengan jasa jasa para pendahulunya yang sudah berjuang,” pungkas Wadanramil.

Adam Waris (73), salah satu petani garam mengaku senang sudah diberi bendera lengkap tinggal pasang oleh anggota TNI. Pria tua ini mengaku tak bisa mengibarkan bendera lantaran tidak ada biaya untuk membelinya.

“Biasanya dari yang pemilik lahan diberi bendera, tapi tahun ini tidak ada, dan kalau membeli ya mahal, tidak ada biaya,” ungkapnya. (wan)