Santri Asal Bawean Raih Juara 1 & 2 Lomba Kitab Kuning

0
251 views
Solihan, santri Pondok Pesantren Mambaul Falah, Tambak Bawean, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sholihan, santri dari Pondok Pesantren Mambaul Falah Tambilung, Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak Bawean, Kabupaten Gresik berhasil menyabet dua juara sekaligus dalam seleksi lomba Musabaqoh Kitab Kuning 2017 di Gresik, Jumat (14/4/2017).

Pertama, ia berhasil menggondol juara 1 Qiroatul Kutub atau membaca kitab kitab kuning Fathul Qorib. Sholihan juga sukses meraih juara 2 Hifdzun Nadhom atau hafalan nadhom kitab Imrithi. Lomba ini digelar DKC Garda Bangsa Gresik di kantor PCNU Kabupaten Gresik.

Atas keberhasilannya itu, ia mendapat medali juara dan uang tunai sebesar Rp1 juta untuk juara 1 dan Rp750 ribu untuk juara dua. Lomba membaca kitab kuning tingkat kabupaten ini diikuti sebanyak 54 peserta dari berbagai Pondok Pesantren se Gresik dan Lamongan.

Ketua Umum DPC PKB Kabupaten Gresik Muhammad Qosim mengatakan, Musabaqah Qiraatul Kutub ini bertujuan meningkatkan gairah generasi muda untuk mendalami khazanah keislaman klasik.

“Lomba ini bukan semata-mata lombanya saja tetapi pembuktian jika santri memiliki minat besar untuk memahami kitab kuning yang mengajarkan nilai-nilai kesantunan yang cocok dengan nilai-nilai kebangsaan,” ujar Qosim.

Qosim menambahkan, penguasaan yang benar dalam memahami khazanah keislaman dapat membentengi generasi muda dari paham radikalisme yang saat ini menjadi ancaman serius bangsa.

Sementara Ketua DKC Garda Bangsa Gresik Sholahuddin menjelaskan, dari lomba membaca kitab Fathul Qorib dan hafalan nadhom Imrithi ini diseleksi 6 orang untuk mengikuti tahap penyisihan di tingkat provinsi yang akan digelar di Pamekasan, Madura pada Mei 2017.

Selain di Kabupaten Gresik, lomba baca kitab dan hafalan ini juga digelar di Kediri, Bangkalan, Nganjuk, dan Jember sebagai bagian persiapan peringatan Harlah PKB yang ke 19 Juli mendatang. (as)