Docking Kapal Bikin Warga di Pulau Bawean Gusar

0
175 views
Kedatangan terakhir kapal Express Bahari di Pelabuhan Gresik sebelum melakukan docking tahunan, Sabtu (15/4/2017). (Foto: Rafa Al Barun Nur)

BeritaGresik.com – Rencana perbaikan dua kapal yang melayani pelayaran ke Pulau Bawean dalam beberapa minggu ke depan membuat warga Bawean gusar. Mereka khawatir perbaikan kapal memakan waktu lama dan mengganggu transportasi laut.

Selain warga yang ada di Pulau Bawean, kekhawatiran itu juga dialami warga Malaysia keturunan Bawean yang hendak berkunjung ke Pulau Putri itu. Apalagi rencana berkunjung ke Pulau Bawean sudah mereka persiapkan sejak jauh hari.

Saat ini saja, ada sekitar 200 rombongan dari Malaysia akan tiba di Bandara Juanda Surabaya secara berkala mulai tanggal 17 April 2017. Meteka akan mengikuti acara haul akbar di Pondok pesantren Al Fitrah Surabaya pada akhir April mendatang.

Menurut rencana, rombongan tersebut akan menyambangi Pulau Bawean terlebih dulu untuk mengikuti acara haul akbar di Bawean sebelum kemudian menghadiri haul akbar di Ponpes Al Fitrah Surabaya.

“Sebagian rombongan Malaysia sengaja datang lebih awal karena ada rencana mau ke Boyan (Bawean) lebih dulu. Kami akan ikut haul di Bawean dulu baru ke Surabaya,” kata Faizal salah jama’ah Al Hidmah Malayisa kepada beritagresik.com Sabtu (14/04/2017).

Faizal khawatir akan banyak rombongan Malaysia yang membatalkan agendanya ke Bawean lantaran kekosongan armada kapal laut yang melayani penumpang dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean.
“Kami risau tidak bisa pulang ke Bawean, padahal sudah kita rancang (rencanakan) jah-jauh hari sebelumnya,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua kapal yang biasa melayani pelayaran Gresik-Bawean yaitu Kapal cepat Exprees Bahari 8E dan KMP Gili Iyang akan masuk docking untuk melakukan perawatan rutin setiap tahun. (abr)