76 TKA Tercatat Bekerja di Proyek Pabrik Petrokimia

0
439 views
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur Sukardo. (Foto: Fiqih Arfani)

BeritaGresik.com – Kabar maraknya tenaga kerja asing (TKA)  yang bekerja di wikayah Gresik ternyata bukan isapan jempol saja. Puluhan pekerja asal China tercatat bekerja dalam proyek pembangunan pabrik Amuniak Urea milik PT Petrokimia Gresik.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Kadisnakertransduk) Provinsi Jawa Timur Sukardo kepada wartawan  di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/12/2016).

Sukardo mengungkapkan, saat ini total ada 76 orang pekerja asing asal China yang bekerja untuk proyek pembangunan pabrik Urea dan Amoniak milik perusahaan BUMN di Gresik, yaitu PT Petrokimia Gresik.

“Tepatnya pada Juni 2016, tim dari Disnakertransduk Jatim telah turun melakukan pengawasan dan hasilnya seperti itu,” terangnya.

(Baca juga: Pekerja China Serbu Gresik, Pemkab Dinilai Lalai)

Disnakertransduk Provinsi Jawa Timur juga mencatat, sampai saat ini masih terdapat sekitar 44 pekerja asing yang belum mengantongi izin kerja. Mereka bekerja pada perusahaan di Jawa Timur.

“Ada 44 orang tenaga kerja asing yang belum mengantongi izin karena masih proses perpanjangan atau sedang diurus,” ujar Sukardo.

Berdasarkan data yang dimilikinya, sejak April hingga November 2016 terdapat 76 TKA yang bekerja di Jatim. Lalu 32 orang di antaranya memiliki izin berlaku yaitu izin mempekerjakan tenaga asing (IMTA).

Ia menegaskan bahwa tim pengawas sudah turun melakukan pemeriksaan apakah ada kesesuaian IMTA dengan rencana penempatan tenaga kerja asing (RPTKA). (zr)