Terumbu Karang di Pulau Cina Bawean Rusak Parah

0
54 views
Terumbu karang di kawasan Pulau Cina, Bawean. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Indahnya alam bawah laut menjadi salah satu daya tarik para wisatawan berkunjung ke Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Namun, keindahan itu belakangan mulai terusik dengan rusaknya terumbu karang di Pulau Cina, Bawean.

Meskipun tidak seluruhnya, kerusakan itu terjadi di beberapa lokasi di kawasan pulau tak berpenghuni itu. Kerusakan itu terlihat dari hasil temuan mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang tengah melakukan Praktek Kerja Magang (PKM) di Bawean.

Menurut Rahman, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam pendataan terumbu karang di kawasan Pulau Cina, kerusakan karang yang sangat parah ditemukan di kawasan Batu Kursi, yakni di sebelah utara Pulau Cina dengan kedalaman 2-3 meter.

“Kalau di daerah utara Pulau Cina rusaknya sangat parah. Selain karangnya mati dan berwarna putih, ditemukan juga karang patah-patah dan berantakan seperti bekas bom,” kata Rahman saat diwawancara beritagresik.comĀ di Bawean, Senin (14/8/2017).

Melihat kondisi kerusakan terumbu karang yang cukup parah, diduga akibat adanya penggunaan alat tangkap oleh nelayan dengan cara yang tidak tepat, bahkan ada indikasi penggunakan potasium dan obat kimia. (abr)