Meriahnya Malam Takbiran di Pulau Bawean

No comment 1059 views

Pawai malam takbiran Idul Fitri yang digelar masyarakat di Dusun Dedawang, Desa Telukjatidawang, Tambak Bawean, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Setiap daerah punya tradisi dan kebiasaan masing-masing dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Hal yang sama juga terjadi di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sebagian masyarakat di Pulau Putri, sebutan lain Pulau Bawean, merayakan malam Hari Raya Idul Fitri atau malam takbiran dengan menggelar pawai. Mereka mengarak miniatur berupa masjid dan sejumlah miniatur lainnya.

Menurut Hosnan, warga Dedawang, Desa Telukjatidawang, Tambak Bawean, Gresik, tradisi pawai malam takbiran di desanya sudah berlangsung cukup lama. Kegiatan itu dilakukan masyarakat dalam menyambut hari kemenangan.

Pada malam lebaran tahun ini, warga di kampunya membuat sebuah miniatur masjid yang didesain sedemikian rupa. Miniatur yang telah dibuat tersebut kemudian diarak berkeliling kampung dengan diiringi oleh lantunan takbir.

“Miniatur dalam bentuk masjid ini dibuat beberapa hari sebelum malam takbiran tiba. Masyarakat bergotong royong dalam membuat miniatur. Jadi ini murni hasil kreasi masyarakat sendiri,” kata Hosnan, Kamis (14/6/2018).

Usai dilakukan pawai keliling kampung, miniatur masjid tersebut dibawa ke salah satu tempat untuk dilombakan dengan hasil kreasi yang dibuat oleh masyarakat dari dusun yang lainnya.

“Panitia perlombaan itu difasilitasi oleh Desa. Pada malam takbiran, sejumlah miniatur hasil kreasi masyarakat dari berbagai dusun itu ditampilkan di balai desa Telukjatidawang. Nanti akan ada juri yang akan menilainya,” jelasnya.

Hosnan menambahkan, tradisi serupa juga dilakukan oleh masyarakat di beberapa desa di wilayah Kecamatan Tambak. Kagiatan seperti itu digelar untuk memeriahkan malam takbiran.

Pantauan di lapangan, masyarakat di Desa Telukjatidawang berbondong-bondong datang ke lokasi tempat pawai malam takbiran berlangsung. Selain sebagai hiburan, tradisi seperti ini digelar menyambut Hari Raya Idul Fitri. (as)

No Response