KTP dan Kondisi Jalan Paling Banyak Dikeluhkan Warga Gresik

0
106 views
Rakoor penanganan pengaduan masyarakat di lingkup Pemkab Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik melalui Bagian Humas dan Protokol mengaku serius dalam memfasilitasi pengaduan dari masyarakat melalaui sistem online. Hal itu dilakukan seiring kemajuan teknologi informasi.

Salah satu upaya yang dilakukan Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik adalah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, dalam hak ini yakni para operator penanganan pengaduan di masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Gresik.

Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, menghimpun segala bentuk pengaduan masyarakat melalui website www.pengaduan.gresikkab.go.id maupun pengisian form secara manual, sudah menjadi pekerjaan utama bagi Bagian Humas untuk disampaikan ke OPD terkait.

“Sehingga diharapkan OPD terkait secepat mungkin memberikan respon kepada masyarakat yang mengadu. Itu memang kewajiban kami memfasilitasi, namun kami harapkan juga kerjasama semua pihak agar sesuai dengan apa yang diharapkan,” kata Suyono, Rabu (14/6/2017).

Menurutnya, hal tersebut memang menjadi keinginan Bupati Sambari untuk semakin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Pak Bupati ingin pelayanan terhadap masyarakat dilakukan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Sementara itu menurut data pengaduan yang dihimpun Bagian Humas pemkab Gresik per Januari hingga Mei 2017 sudah mencapai 131 pengaduan. Sementara pada 2016 lalu sebanyak 517 pengaduan.

“Dari keseluruhan pengaduan yang dihimpun, sebanyak 648 pengaduan yang sudah direspon oleh OPD terkait sejumlah 539 pengaduan atau sekitar 80 persen. Rata-rata pengaduan terkait KTP dan keluhan terkait kondisi jalan,” papar Suyono.

Menurut dia, pengaduan masyarakat merupakan hal yang penting untuk ditindaklanjuti. Kendati begitu, beberapa diantaranya memakan waktu. Untuk itu, masyarakat diharap bersabar, jika pengaduan masih dalam tindak lanjut.

Untuk itu Humas Pemkab Gresik dikatakan akan terus melakukan koordinasi dan perbaikan terkait penanganan pengaduan tersebut, sehingga masyarakat tidak perlu susah dalam menyampaikan pengaduan maupun informasi terhadap pelayanan yang diberikan Pemkab Gresik. (iis/as)