Gresik Siaga Hadapi Bencana Banjir

No comment 1458 views

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat mengecek sejumlah peralatan guna kesiapan penanggulangan bencana alam. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Menghadapi musim penghujan, Kabupaten Gresik langsung siaga menanggulangi bencana alam, seperti banjir dan longsor. Hal itu ditandai dengan pelaksanaan apel siaga bencana yang melibatkan sejumlah instansi yang ada.

Apel dalam rangka kesiapan pengamanan dan penanggulangan bencana alam digelar dilapangan desa Klampok, kecamatan Benjeng, Rabu pagi (13/12/2017). Apel siaga bencana ini melibatkan BPBD, TNI, Polri, Damkar Pemkab Gresik, Satpol-PP, Tagana, Pramuka dan sejumlah relawan.

Di kesempatan itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, pelaksanaan apel siaga kali ini digelar untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana dan prasarana petugas di lapangan dalam menanggulangi peristiwa bencana alam.

Bencana yang dimaksud yakni banjir yang bisa terjadi karena intensitas hujan yang cukup tinggi. “Kita tidak tahu kapan datangnya bencana. Sehingga diharapkan kita untuk selalu siaga terhadap bencana yang datang sewaktu-waktu,” ujar Sambari.

Lebih lanjut Sambari menjelaskan, upaya menanggulangi bencana alam merupakan tanggung jawab semua pihak. “Pemerintah Daerah dan jajaranya serta masyarakat punya tanggungjawab yang sama dalam rangka upaya penanggulangan bencana alam yang bisa saja terjadi,” lanjutnya.

Untuk itu, Sambari meminta kepada pemangku kepentingan di tiap wilayah, dalam hal ini camat agar selalu melakukan koordinasi dan memantau kondisi di wilayahnya masing-masing. “Selalu lakukan koordinasi dengan tiga pilar serta masyarakat di wilayah masing-masing untuk kepentingan antisipasi,” katanya.

Dia juga berharap agar seluruh camat di Gresik memantau pembangunan tanggul penahan air. Hal itu dimaksudkan agar pembangunan tanggul sesuai dengan apa yang direncanakan. Sehingga bahaya banjir yang mengancam dapat diminimalisir.

Apel pagi dilanjutkan dengan pemeriksaan kesiapan kendaraan dinas dan kelengkapannya. Selain itu, Sambari juga memasangkan rompi pelampung secara simbolis sebagai kesiapan kabupaten Gresik menanggulangi bencana alam. (as)

No Response