Sepanjang 11 Km Jalan Nasional di Gresik Rusak Parah

0
828 views
Berbahaya, salah satu titik jalan deandles (jalan nasional) yang rusak, diberi tanda dengan bekas bak sampah oleh warga Betoyo Manyar Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com –┬áJalan raya deandles dari Kecamatan Manyar hingga Bungah, Gresik mengalami rusak parah. Kerusakan jalan nasional sepanjang 11 kilometer itu terjadi sejak tiga tahun terakhir ini.

Dari pantauan di lapangan, Selasa (13/12), jalur pantai utara (Pantura) itu mengalami retak-retak hingga selebar ban sepeda motor. Tak hanya itu, jalan berlubang dan bergelombang terlihat di sejumlah titik.

Kondisi kerusakan semakin terlihat sejak adanya proyek pemasangan pipa gas PGN di sisi kiri jalan dari arah Gresik menuju Bungah. Karena itu, para pengguna jalan harus ekstra hati-hari saat melintas di jalan itu.

Widya (30), warga asal Bungah yang sering melalui jalan nasional tersebut mengaku jika banyaknya jalan rusak membuat ia malas ketika akan ke Gresik. Selain rawan kecelakaan, jalan rusak membuat para pengendara yang melintas tidak nyaman.

“Sakit semua rasanya kalau habis lewat jalan Manyar hingga Bungah,” ujar Widya, Selasa (13/12/2016).

Lain lagi yang dirasakan oleh Faqih Usman, anggota DPRD Gresik asal Kecamatan Dukun. Dia mengaku kecewa karena sejak beberapa tahun ini tidak ada perbaikan jalan nasional, di wilayah Pantura Gresik.

Menurut dia, selama ini yang ada hanya penambalan di titik jalan yang rusak, tapi tidak ada pemadatan pada jalan rusak. Akibatnya, jalan kembali rusak. Apalagi jalur Pantura banyak dilalui truk-truk besar.

Sementara itu, anggota DPR RI dapil Gresik dan Lamongan, Falah Amru, saat di hubungi beritagresik.com, meminta supaya Pemda Gresik berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar jalan nasional yang ada di Gresik bisa segera diperbaiki.

“Karena kalau dibiarkan, kerusakan akan semakin parah dan menggangu arus tranportasi serta keselamatan pengguna jalan,” pungkasnya. (amn)