ASN Gresik Dibekali Manajemen Keuangan Keluarga, Buat Apa?

0
16 views
Pembukaan Diklat Menajemen Keuangan Keluarga di Kantor Pemkab Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Meskipun nampak sederhana, dalam praktiknya masih banyak keluarga yang belum mampu mengelola keuangan rumah tangga dengan baik. Akibatnya, sebesar apapun gaji yang diterima tetap saja masih merasa kurang.

Hal itu disampaikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) wanita di lingkup pemerintah kabupaten Gresik, terkait manajemen pengelolaan keuangan keluarga, di kantor Bupati Gresik, Senin (13/11/2017).

Menurut Sambari, bukan soal besar atau kecilnya gaji yang diterima kebutuhan rumah tangga terpenuhi, melainkan bagaimana mengatur kebutuhan skala prioritas dan cara membelanjakan uang secara terarah sesuai peruntukannya.

“Apabila pengelolaan anggaran keluarga (rumah tangga) ini tidak dikelola dengan baik, maka melahirkan keluarga yang gali lobang-tutup lobang. Hidup selalu kurang dan kurang lagi, meski pendapatan telah mengalami kenaikan,” ujar Sambari.

Dia menilai, pelaksanaan prmbekalan manajemen keuangan keluarga sangat penting diikuti para ASN wanita yang memiliki peran penting dalam mengelola anggaran di dalam rumah tangga.

“Kami berharap kegiatan ini dapat diikuti sebaik mungkin, agar kemampuan Aparatur Sipil Negara semakin meningkat dalam mengelola keuangan keluarganya dengan baik,” jelasnya.

Agar kondisi keuangan keluarga tidak gali lobang tutup lobang, ASN wanita sebagai ibu rumah tangga harus pintar dalam merencanakan pengeluaran dan pengelolaan anggaran dengan membuat neraca besaran kebutuhan yang direncanakan dan penghasilan yang didapat.

Hadir dalam acara pembukaan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik Kng. Djoko Sulistio Hadi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfah Sambari, Ketua GOW Kabupaten Gresik Zumrotus Sholihah Qosim, Ketua Dharma Wanita Persatuan kabupaten Gresik Ning Esthi Djoko serta sejumlah prmbicara. (as)