Tingkatkan Pelayanan Publik, Ini yang Dilakukan Pemkab Gresik

0
40 views
Sosialisasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional di Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Masyarakat di wilayah Kabupaten Gresik kini sudah bisa melaporkan segala keluhan terkait kondisi dan pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

Pasalnya, Pemkab Gresik sudah membuka lebar-lebar sistem pelayanan publik guna meningkatkan pelayanan terbaik terhadap semua kepentingan masyarakatnya.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyatakan, saat ini sistem pengaduan masyarakat sudah dipermudah dengan adanya berbagai inovasi. Salah satunya dapat dilakukan secara online dan terintegrasi.

“Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, pemerintah telah melakukan berbagai upaya perbaikan pelayanan publik berkesinambungan demi terwujudnya pelayanan yang baik,” kata Sambari didampingi Sekda Kng. Djoko Sulistio Hadi, Senin (12/02/2018).

Pernyataan tersebut disampaikan Sambari saat membuka sosialisasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR!-SP4N) di ruang Graita Eka Praja kantor Bupati Gresik.

Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menyampaikan pengaduan atas pelayanan yang diberikan oleh penyelenggara.

“Tentunya dengan melibatkan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemerintah Kabupaten Gresik,” ucapnya.

Dia menambahkan, pengelolaan penanganan pengaduan di bawah naungan Pemkab Gresik melalui Bagian Humas dan Protokol tidak akan terwujud jika tidak ada niat dari masing-masing pemberi pelayanan publik.

“Saya berharap agar sistem ini dijalankan dengan komitmen untuk menumbuhkan motivasi dan meningkatkan kompetensinya, guna mewujudkan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang baik,” imbuh Bupati Sambari.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono menjelaskan, sosialisasi ini diikuti 100 peserta dari seluruh OPD di lingkungan Pemkab Gresik.

Ia juga menjelaskan, bahwa sosialisasi yang digelar juga menghadirkan narasumber Budi Supriyanto selaku Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Timur. (as)