Perahu Sembako Tenggelam di Pelabuhan Bawean

KLM Purnama tenggelam saat bongkar muatan di Pelabuhan Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Kapal Layar Motor (KLM) Purnama yang mengangkut berbagai muatan tenggelam ketika sandar di pelabuhan Sangkapura Bawean, Gresik, Rabu (12/9/2018). Akibatnya, barang muatan seperti LPG, semen dan barang sembako hanyut berserakan di sekitar lokasi kejadian.

Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Bawean Ispriyanto menuturkan, peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB ketika perahu sudah sandar di dermaga. Perahu tersebut bahkan sudah sempat menurunkan sejumlah barang muatan.

Namun demikian, badan perahu ada yang tersangkut ke pembatas dermaga dan menyebabkan perahu oleng, sehingga air laut masuk ke dalam perahu. Saat itulah, kondisi perahu kemudian miring dan akhirnya karam.

“Sebenarnya kapal sudah sandar bahkan ada sekitar satu mobil barang yang sudah diturunkan, tapi ada yang sangkut karena kondisi air juga sedang surut,” kata Ispriyanto.

Petugas mencoba memyelamatkan barang muatan perahu yang tenggelam di Pelabuhan Bawean. (Foto: BG/Abr)

Sementara menurut Jufri, salah satu saksi mata menjelaskan, perahu tersebut adalah milik Munayat, warga Kecamatan Sangkapura. Perahu tersebut dikatakan bermuatan bahan sembako, bahan bangunan dan sejumlah barang lainnya.

Rencananya, kata Jufri, perahu itu akan bersandar dan bongkar muatan di Pelabuhan Bawean. Setelah itu, barang-barang tersebut nantinya akan diangkut untuk diantar kepada warga Bawean.

“KLM Purnama ini milik H Munayat, warga sangkapura, harus segera dievakuasi supaya tidak mengganggu kapal-kapal yang akan sandar,” katanya.

Selain mengangkaut gas elpiji dan sembako, KLM Purnama juga mengangkaut bahan-bahan bangunan milik lapangan terbang Bawean yang saat ini sedang dilakukan proses renovasi seperti besi, kusen kabel dan lainnya.

Dengan bibantu warga dan para petugas pelabuhan, sejumlah barang yang mengapung di sekitar kapal karam itu masih dapat diselamatkan. Sedang kondisi perahu sendiri masih karam.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kerugian material pun diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (abr)

No Response