Cegah Kriminalitas, Ini yang Dilakukan Pemuda Pulopancikan Gresik

0
24 views
Kapolsek Gresik Kota AKP Suyatmi bersama Kades Pulopancikan Sugiharto dan pemuda Karang Taruna desa Pulopancikan, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Tindak kriminalitas dan kejahatan yang kerap melibatkan para remaja membuat prihatin banyak pihak. Hal itu juga dirasakan pemuda Karang Taruna desa Pulopancikan, Gresik. Untuk itu, mereka berupaya mencegah tindak krimininal di kalangan remaja.

Selain membekali para anggotanya dengan wawasan terkait bahaya tindak kriminal dan kejahatan, pemuda Karang Taruna Desa Pulopancikan juga berbagi wawasan dengan remaja desa setempat, agar terhindar dari bahaya tindak kejahatan.

“Kami lakukan pendekatan secara humanis kepada warga, salah satu caranya adalah dengan ngopi bareng. Nggak hanya sekedar ngopi biasa, tapi kita tularkan virus positif terkait bahaya tindak kriminalitas agar warga khususnya remaja di desa kami terhindar dari kriminalitas,” kata Ketua Karang Taruna Bang Is, Sabtu (12/8/2017).

(Foto: BG/As)

Dia menilai sangat penting membekali diri terhadap bahaya kriminalitas dengan wawasan dan dampak yang ditimbulkan, mengingat saat ini angka kriminalitas yang terjadi di Indonesia mayoritas melibatkan remaja sebagai pelakunya.

“Kami tidak ingin generasi muda di desa kami terlibat hal-hal yang melanggar norma, terlebih sampai berurusan dengan hukum, kan kasian,” ujar pria yang akrab dipanggil Bang Is tersebut.

Upaya yang dilakukan pemuda Karang Taruna Pulopancikan mendapat apresiasi dari Kapolsek Gresik Kota AKP. Suyatmi yang kebetulan mampir ke kantor desa setempat. Saat itu anggota Karang Taruna sedang mengadakan rapat, Jumat (11/8).

“Sengaja kami mampir karena saat kami melintas, kami lihat sejumlah remaja sedang berkumpul di depan kantor Desa Pulopancikan. Ketika saya tanya, salah satu anggota menjawab mau ada rapat,” ujar Kapolsek.

AKP. Suyatmi mengaku senang melihat anak muda yang memanfaatkan waktunya untuk kegiatan positif. “Terlebih para pemuda karang taruna yang menularkan virus positif kepada teman-temannya,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat melalui anggota Karang Taruna Desa Pulopancikan untuk membentengi diri dan keluarganya dari prilaku yang melanggar hukum.

Sementara itu, Kepala Desa Pulopancikan Sugiharto mendukung upaya para pemuda karang taruna yang berinisiatif mengajak warganya agar terhindar dari pelanggaran keamanan dan ketertiban masyarakat.

Karena dirinya juga menginginkan situasi di wilayahnya senantiasa kondusif, aman dan bersih dari pelaku kriminalitas. “Yang penting mengarah ke hal-hal yang positif selalu kami dukung,” pungkasnya. (as)