Tuntut Hak Dipenuhi, Buruh Demo PT Smelting Gresik

0
344 views
Puluhan buruh menggelar aksi demo di pintu masuk pabrik PT Smelting Gresik, Rabu (12/4/2017). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Gresik menggelar aksi demo di pintu masuk pabrik PT Smelting Gresik, Rabu (12/4/2017). Demo ini terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak terhadap karyawan PT Smelting.

Puluhan pekerja mengawali aksinya di jalan menuju pintu masuk pabrik PT Smelting. Namun, sebelum sampai ke depan pintu masuk pabrik Smelting, pergerakan pendemo langsung mendapat hadangan dari puluhan petugas dari kepolisian bahkan sempat bentrok adu mulut antara pendemo dengan petugas.

Wakil Ketua SP FSPMI PT Smelting Ali Rifai menyatakan, Krmenterian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memerintahkan agar manajemen PT Smelting tetap memberikan hak-hak buruh selama dua bulan mogok kerja, terhitung mulai Januari-Februari 2017.

Sebab, PHK yang telah dilakukan manajemen Smelting dan mogok kerja karyawan tersebut sah atau tidak harus menunggu keputusan PHI (Pengadilan Hubungan Industrial).

Kemudian, Kemenaker lanjut Ali Rifai, juga menilai jika tindakan mogok kerja yang dilakukan oleh 309 karyawan Smelting tersebut tidak menyalahi aturan. Tindakan mereka dibenarkan oleh Undang-Undang yang mengatur ketenaga kerjaan.

“Tapi faktanya, hak-hak 309 karyawan selama 2 bulan itu tidak diberikan manajemen Smleting,” ungkapnya. (wan)