Dua Kapal Docking, Pelayaran ke Pulau Bawean Terancam Kosong

0
311 views
Salah satu kapal yang melayani pelayaran dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Pelayaran dari Gresik ke Pulau Bawean dan sebaliknya terancam kosong dalam waktu dekat ini. Pasalnya, dua operator kapal yaitu Kapal Express Bahari 8E dan KMP Gili Iyang akan docking atau masuk galangan untuk perawatan berkala dalam waktu nyaris bersamaan.

Kepala PT ASDP Cabang Bawean Suhaimi membenarkan jika dalam waktu dekat ini kapal Gili Iyang akan masuk galangan untuk docking lebih awal. Ini dilakukan untuk persiapan melayani arus penumpang menjelang puasa dan lebaran mendatang.

“Info yang saya terima dari paciran kemungkin dalam minggu-minggu ini Giliiyang sudah mulai docking, biasanya selama 20 hari,” terang Suhaimi kepada beritagresik.com, Rabu (12/4/2017).

Sebelumnya, kapal cepat Express Bahari 8E juga sudah merencanan masuk galangan untuk docking mulai tanggal 16 April 2017 mendatang. “Tanggal 16 April sudah off, untuk lamanya belum tahu, sekitar dua minggu,” kata Rizki, petugas PT Sakti Inti Makmur (SIM) di Gresik.

Sementara itu, kapal Natuna Express yang dikabarkan sudah siap untuk melayani penyeberangan dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean dan sebaliknya hingga kini belum bisa beroperasi saat ini karena masih menunggu izin dari Pemda Gresik.

“Saat ini kapal Natuna sudah ready untuk berangkat, tapi masih menunggu trial (percobaan) dari instansi terkait,” jelas Lukman, Kacap Natuna Express Cabang Gresik.

Seperti biasa, terang Lukman, sebelum izin turun kapal akan diuji coba terlebih dulu dengan melibatkan banyak pihak, seperti Badan Penanaman Modal dan Perizinan Gresik, KSOP, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya. Setelah dinyatakan layak, baru kemudian izin kapal akan turun.

Lukmam mengaku hingga saat ini pihaknya masih menunggu kepastian dari pemda Gresik, khususnya instansi terkait untuk melakukan uji coba. “Pihak Natuna masih menunggu kepastian kapan akan di trial, kalau kami siap semua,” pungkasnya. (abr)