Gus Ipul Bagikan Ribuan Masker di Gresik

0
132 views
Kondisi jalan di sekitar jembatan Sembayat dipenuhi dengan debu. (Foto: Dok. BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Kondisi jalan berdebu di sekitar jembatan Sembayat, Kabupaten Gresik sangat mengganggu bagi para pengendara dan warga setempat. Hal itu terjadi akibat jalan yang baru selesai diuruk dengan pedel tersebut belum juga diaspal.

Selain membuat jarak pandang terbatas, debu juga berbahaya bagi kesehatan. Hal ini memantik keprihatinan banyak pihak, termasuk Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf. Ia bahkan ikut membagikan masker ke pengendara yang melintas di jalan itu.

“Siapa pun yang melintasi jalanan di sekitar Sembayat ini harus memakai masker karena berbahaya bagi kesehatan,” kata pria yang akrab di sapa Gus Ipul ini di sela pembagian masker di Gresik, Minggu (12/3/2017).

Pembagian masker ke pengendara di jalan tersebut merupakan bagian dari Gerakan 1.000 masker yang digelar IPNU-IPPNU Sidayu, Gresik, dalam rangka hari lahir ke-63.

Gus Ipul, mengaku prihatin dengan kondisi jalanan berdebu akibat jalan belum dilapisi aspal. Debu tersebut dikatakan sebagai kritikan tajam kepada Pemerintah Pusat khususnya balai besar jalan agar segera menyelesaikan proses pengerjaan jalan.

“Saya prihatin, debu yang seperti ini jika terus dibiarkan dapat menimbulkan efek kesehatan yang sangat berbahaya bagi masyarakat yang melewati jalan ini,” ucap Gus Ipul.

Dia menjelaskan, pemenang lelang proyek pembangunan jalan dan jembatan Sembayat sudah ditunjuk. “Intinya, kami meminta kepada balai besar betul-betul memperhatikan kerusakan jalan yang telah menyebabkan jalanan berdebu,” jelasnya. (ant/as)