Akhir Februari, Airfast Kembali Terbang di Langit Bawean

0
751 views
Calon penumpang berfoto di depan pesawat Airfast Indonesia. (Foto: Dok. BG/Amn)

BeritaGresik.com – Kabar gembira bagi warga Gresik, khusunya warga di Pulau Bawean, karena penerbangan dari Juanda Surabaya menuju Bandara Harun Thohir di Tanjungori, Kecamtan Tambak Bawean, mulai dibuka kembali akhir Februari 2017.

Sebelumnya penerbangan perintis rute Bandara Juanda Sidoarjo-Bandara Harun Thohir Bawean sempat terhenti sejak awal 2017. Penyebabnya, masa kontrak dengan maskapai yang melayani penerbangan berakhir, sehingga harus dilelang kembali.

Berdasarkan penuturan sumber terpercaya www.beritagresik.com di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), bahwa pihak yang menangani masalah penerbangan di Kemenhub telah melakukan lelang dan ditetapkan perusahaan pemenang tender.

Perusahaan penerbangan tersebut yaitu PT Airfast Indonesia, yang pada tahun lalu telah melayani penerbangan dari Bandara Internasional Juanda ke Bandara Harun Thohir. Rencananya tanda tangan kontrak dilakukan pada 17 Februari mendatang.

Setelah dilakukan penandatanganan kontrak antara pemerintah dalam hal ini Kemenhub dengan pihak pemenang tender, maskapai penerbangan Airfast Indonesia sudah bisa kembali terbang melayani transportasi udara ke Bawean.

Menangapi hal itu, Wahyu Siswono, Kepala Unit Penyelenggara Bandara kelas III Tronojoyo Sumenep, yang membawahi bandara Harun Thohir Bawean, mengaku lega dengan ditetapkannnya maskapai pemenang tender rute Juanda-Harun Thohir.

“Dan kami tinggal menjalankan saja apa keputusan dari Kemenhub, termasuk bila nantinya ada perubahan jadwal dan waktu, serta frekuwensi penerbangan ke Pulau Bawean,” ujar Wahyu kepada BeritaGresik.com, Minggu (12/2/2017).

Wahyu mengungkapkan, pesawat Airfast Indonesia sedang diparkir di Bandara Trunojoyo Sumenep. Pesawat itu dikatakan sudah siap terbang. Saat ini tinggal menunggu penandatanngan kerja sama antara Kemenhub dengan pemenang tender.

Wahyu juga berharap supaya permohonan warga Bawean agar frekuensi penerbangan ke Pulau Bawea ditambah hingga tiga kali dalam sepekan dikabulkan. “Penerbangan perdana ke Bawean tahun ini semoga bisa dilakukan tanggal 20 Februari,” tuturnya.

Harga tiket pesawat tujuan Pulau Bawean kabarnya akan mengalami kenaikan pada tahun ini. “Informasinya harga tiket pesawat ke Pulau Bawean akan mengalami kenaikan 3% dari harga tahun sebelumnya,” kata sumber yang tak mau disebutkan namanya. (amn)