Tim Gegana Ledakkan 3 dari 11 Mortir Aktif di Bungah

0
931 views
Tim Gegana Polda Jatim meledakkan 3 dari 11 mortir aktif di kawasan Bukit Jamur, Bungah, Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Tim Penjinak Bom Gegana Polda Jatim kembali menemukan dua mortir di pekarangan rumah Abdul Kholik (39), warga Dusun Ujung Sawo, Desa Kramat, Kecamatan Bungah, Gresik.

Sebelumnya, telah ditemukan 9 mortir aktif di tempat yang sama. Sehingga total ada 11 mortir aktif yang berhasil ditemukan. Lalu, 3 di antaranya diledakkan di kawasan Bukit Jamur, Bungah, Kamis (12/1/2017).

Pasca penemuan 9 mortir beberapa hari lalu, Polsek Bungah memasang garis polisi di rumah Kholik. Tidak lama kemudian, 10 angggota tim gegana Polda Jatim datang memeriksa lubang penemuan mortir aktif.

Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim gegana, alat metal detector yang dibawa polisi berbunyi. Ternyata, ada bahan peledak dalam tanah tersebut. Dari tempat itu, polisi kembali menemukan 2 mortir aktif.

‪“Sudah tidak ada lagi bahan peledak di sekitar rumah. Pembangunan kamar mandi dan juga kakus bisa dilanjutkan lagi. Bisa lebih tenang menggali pondasi bangunan di sini,” terang Abdul Kholik kemarin.

Kapolsek Bungah, AKP Muhammad Said mengatakan, dua mortir yang berhasil ditemukan langsung diamankan di Polsek Bungah. Mortir itu disimpan bersama 9 mortir yang telah ditemukan sebelumnya.

“Langsung dibawa menuju tempat lapang di perbukitan Desa Bungah, Ada sekitar tiga mortir yang diledakkan,” jelasnya.

Sementara itu, sisa mortir yang belum diledakkan akan dibawa ke Surabaya untuk kepentingan penelitian. Warga yang menemukan diminta untuk berhati-hati jika ada benda yang mencurigakan. (wan)