Perusahaan di Gresik Masih Didominasi Pekerja Luar Daerah

0
474 views
Pelatihan kerja yang dilakukan oleh Disnaker Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Pesatnya pertumbuhan industri di Gresik tak berbanding lurus dengan penurunan tingkat pengangguran. Meski banyak perusahaan berdiri di sana, ternyata peluang kerja yang tersedia masih didominasi oleh pekerja dari luar daerah.

Salah satu penyebabnya, tenaga kerja lokal diduga kalah bersaing karena kualitas SDM yang ada masih rendah. Akibatnya, sejumlah perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Gesik masih didominasi pekerja dari luar daerah.

Karena itu, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gresik berupaya meningkatkan kualitas SDM lokal. Upaya itu dilakukan agar masyarakat Gresik mampu bersaing dengan para tenaga kerja dari luar daerah.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja Disnaker Kabupaten Gresik Dyah Prasasti Saptorini mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Bulan Januari-Februari mendatang Disnaker Gresik melakukan pendataan jumlah penduduk asli Gresik. Itu dilakukan untuk mengetahui status warga yang telah bekerja dan pengangguran,” kata Dyah, Kamis (12/01/2017).

Menurut dia, salah satu penyebab adanya pengangguran di Gresik lantaran SDM yang ada masih rendah. Karena itu, Disnaker berusaha memecahkan masalah itu, salah satunya mengasah skil dan kompetensi.

“Kami telah menyiapkan pelatihan las listrik, Otomotif roda dua dan empat. Ada juga latihan Komputer, menjahit, servis Hp, servis dinamo dan servis AC,” jelasnya.

Upaya itu diyakini mampu mendongkrak kualitas SDM lokal. Pada┬áMaret 2017, ditargetkan sebanyak 860 orang dari setiap kecamatan. “Anggaran yang disiapkan sebanyak Rp 4 miliar lebih,” paparnya. (wan)