PKK Gresik Ingatkan Resiko Pernikahan Dini pada Remaja

0
187 views

BeritaGresik.com – Angka pernikahan dini di kalangan remaja Gresik masih terbilang cukup tinggi. Kondisi ini menimbulkan keprihatinan bagi sejumlah pihak, tidak terlecuali Ibu-ibu PKK Kabupaten Gresik.

Menyikapi hal itu, ibu-ibu PKK Gresik tidak tinggal diam. Di bawah komando Maria Ulfa Sambari selaku Ketua tim penggerak PKK Gresik, mereka terus mengajak semua pihak menekan pernikahan di bawah umur.

“Kita harus bersama-sama sepakat untuk menghapus praktek pernikahan anak atau nikah dini oleh remaja yang belum waktunya,” kata istri Bupati Gresik Sambari Halim Radianto itu.

Menurur dia, pernikahan di bawah umur memiliki banyak risiko, termasuk resiko melahirkan bayi prematur hinhga kurang gizi. Kondisi tersebut dikatakan bisa berdampak pada jumlah kematian anak.

Meria mengungkapkan, risiko tertinggi dari praktik pernikahan di bawah umur berpotensi terjadi pada remaja yang menikah di bawah usia 21 tahun.

Sementara itu, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (PP) Gresik, Adi Yumanto mengatakan, berbagau upaya telah dilakukan pihaknya untuk menekan pernikahan dini di Gresik.

“Pemerintah sudah mengeluarkan program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP). Melalui program ini diharapkan anak perempuan dan laki-laki menikah diatas usia 21 tahun,” ucapnya. (zr)