Peringati HUT RI, Ratusan Damar Kurung Hiasi Desa Kedungpring Balongpanggang

0
22 views
Lampion Damar Kurung menghiasi setiap ruas jalan di Desa Kedungpring, Balongpanggang, Gresik. (Foto: Inggit)

BeritaGresik.com – Menjelang HUT RI ke-72 pada 17 Agustus mendatang, jalan-jalan di setiap desa dan kota di Gresik mulai dipenuhi bendera merah putih serta umbul-umbul. Hal yang sama juga terlihat di Desa Kedungpring, Balongpanggang, Gresik.

Hanya saja, ada pemandangan berbeda di Desa Kedungpring pada perayaan HUT RI tahun ini. Tak hanya bendera merah putih, ratusan Damar Kurung tanpak menghiasi setiap sudut desa. Lentera dengan bentuk khas terlihat digantung di tiap ruas jalan.

Menurut Inggit, salah seorang warga Desa Kedungpring, Damar Kurung yang dipasang di tiap ruas jalan desa setempat berjumlah sekitar 400 buah. “Saya kira ini adalah Damar Kurung terbanyak yang pernah di pamerkan,” kata Inggit, Jumat (11/8/2017).

(Foto: Inggit)

Lebih lanjut Inggit menjelaskan, karya seni asli Gresik itu dipasang di setiap jarak 25 meter. Keberadan lampion cukup menyita perhatian warga yang melintas. Tidak sedikit yang mendongakkan kepala sambil menerawang lukisan di Damar Kurung.

Inggit mengakui jika pemasangan Damar Kurung saat perayaan HUT RI kurang tepat. Karena Damar Kurung fungsinya lebih ke religius, dimana biasanya warga Kota Gresik memasangnya di halaman rumah saat menyambut bulan suci Ramadhan.

(Foto: Inggit)

“Mungkin kurang tepat jika Damar Kurung di pasang di bulan kemerdekaan. Tapi, ini langkah awal pemuda di kampung kami untuk melestarikan Damar Kurung sebagai ikon Kota Gresik, sekaligus melebarkan eksistensi Damar Kurung,” terang Inggit.

Damar Kurung adalah sebuah karya seni tradisional berbentuk lentera atau lampion yang berasal dari Gresik. Damar Kurung punya ciri khas tersendiri, berbeda dengan lampion China. Tokoh seniman Damar Kurung yang populer adalah Masmundari. (as)