Temukan E-KTP Ganda, DPRD Gresik Soroti Kinerja Disdukcapil

0
714 views
Ilustrasi e-KTP
Ilustrasi e-KTP

BeritaGresik.com – Kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gresik kembali jadi sorotan. Pasalnya, ditemukan adanya warga yang memiliki dua kartu tanda penduduk (KTP) elektronik (E-KTP).

Atas temuan itu, Komisi A DPRD Gresik meminta Disdukcapil untuk membuat grand desain guna menuntaskan persoalan ini.

Anggota Komisi A DPRD Gresik Syaichu Busyiri mengatakan, adanya temuan satu orang bisa membuat dua E-KTP ini menjadi bukti kurangnya pengawasan yang dilakukan Disdukcapil.

Harusnya, kata Syaichu, ada record yang menyatakan bahwa orang tersebut sudah pernah memiliki E-KTP atau belum. “Jadi tidak mungkin bisa ada dua kalau pengawasannya baik,” ujarnya.

Menurut dia, orang yang memiliki dua E-KTP ini membuat melalui jalur calo dan jalur langsung secara bersamaan. Namun, pembuatan E-KTP melalui calo keluar lebih dulu, baru E-KTP yang diurus sendiri. “Ini bukti jika calo masih banyak berkeliaran,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Anggota Komisi A DPRD Gresik Taufiqul Umam. Pihaknya mempertanyakan lambatnya pembuatan dokumen kependudukan. Selama ini, pihaknya selalu mendapat keluhan pembuatan dokumen yang mencapai 3 bulan.

“Ini kan merepotkan warga yang butuh cepat untuk memiliki dokumen kependudukan,” kata Taufiqul Umam.

Menanggapi hal itu, Kepala Disdukcapil Gresik Herman Sianturi mengatakan, pihaknya bakal melakukan pengecekan terkaitu adanya E-KTP ganda ini. Sebab, seharusnya ini tidak mungkin bisa terjadi. “Kan ada recordnya, jadi tidak mungkin muncul dua E-KTP,” terang dia.

Terkait dengan pelayanan yang lambat, Herman mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan peningkatan jumlah SDM, dengan merekrut 46 pegawai honorer. “Biar pengurusan administrasi kependudukan lebih singkat,” pungkasnya. (wan)