Perbaiki Jalan Pakai Pedel Dinilai Bahayakan Pengendara

0
1,097 views
Anggota Komisi A DPRD Gresik Abdullah Syafii. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Langkah Pemkab Gresik memperbaiki jalan nasional dengan cara diuruk menggunakan pedel (batu kapur) disayangkan oleh Dewan Gresik. Pola perbaikan jalan seperti itu justru dinilai sangat membahayakan pengguna jalan.

Anggota Komisi A DPRD Gresik Abdullah Syafii mengatakan, jalur Pantura Gresik tergolong jalan nasional. Karena itu, perbaikan jalan rusak harusnya dilakukan menggunakan aspal berkualitas tinggi.

“Sangat disayangkan, karena itu jalan nasional tetapi perbaikan dengan pedel. Itu sangat membahayakan pengguna jalan. Kalau musim hujan, tanah itu enggak kuat,” kata Syafii di gedung DPRD Gresik, Rabu (11/1/2017).

Menurut dia, kebijakan perbaikan jalan rusak menggunakan pedel dibuat Pemkab Gresik. Kendati dipadatkan dengan alat berat, jalan tersebut tetap rentan rusak atau ambles. Apalagi saat musim hujan.

“Ini yang sangat mengkhawatirkan bagi kita.┬áBisa kita pantau di lapangan, itu masih banyak yang setelah dibuat pedel tetapi ambles tanahnya. Ini sangat berbahaya bagi masyarakat atau penggunalan jalan,” ujarnya.

Kondisi yang paling dikhawatirkan, terang Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Gresik itu, yakni ketika melewati jalan nasional itu pada malam hari. Syafii meyakini tingkat kecelakaan bakal lebih tinggi dari biasanya.

Untuk itu, pihaknya berencana berembuk dengan Komisi A di DPRD Gresik dan segera memanggil pihak PGN dan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN), untuk membahas masalah jalan rusak.

“Ini sebenarnya kewenangan dari provinsi, tapi ini di masyarakat sudah jadi problem umum. Nanti kita rembuk, segera panggil dari PGN. Maupun kita minta melalui provinsi bagaimana BBPJN,” pungkasnya. (wan)