Gresik Didaulat Sebagai Kabupaten Peduli HAM

0
156 views
Kantor Bupati Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Kabupaten Gresik mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Kota Pudak dinilai sebagai daerah yang peduli terhadap HAM sepanjang 2015.

Penghargaan ini diberikan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly kepada Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto, setelah Kabupaten Gresik melewati tahapan penilaian oleh pemerintah pusat.

Apresiasi atas upaya Kabupaten Gresik dalam penegakan nilai-nilai HAM itu diserahkan saat memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-68 di Gedung Grahadi Surabaya, Kamis (8/12/2016).

Menurut Bupati Sambari, Kemenkum HAM melakukan penilaian atas lima indikator utama, seperti hak untuk hidup, hak mengembangkan diri, hak kesejahteraan, hak atas rasa aman dan hak perempuan.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang diraih. Dan penghargaan kali ini tak lepas dari peran masyarakat sebagai unsur dalam Impelemntasi terhadap Hak Asasi Manusia,” ujar Bupati Sambari.

Kedepan, Sambari berharap dukungan dari masyarakat dalam pemenuhan penegakan hukum dan HAM di Gresik, sehingga makin meningkat. (as)