Upacara Unik, Bupati dan PNS Gresik Kenakan Kostum Pejuang

0
17 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengenakan seragam pejuang saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Ada yang unik pada perhelatan yang dilaksanakan di lingkungan kantor Pemerintah Kabupaten Gresik. Kali ini Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memimpin ratusan ‘pejuang’ pada Upacara Hari Pahlawan di Halaman Kantor Bupati Gresik, Jumat (10/11/2017).

Tentu saja ‘pejuang’ peserta upacara kali ini adalah para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten Gresik yang diperintahkan mengenakan seragam bak pejuang. Berbagai uniform yang di kenakan para PNS kali ini. Selain itu, tampak juga pelajar Gresik serta berbagai peserta dari perwakilan organisasi sosial dan organisasi masyarakat yang ada di Gresik.

Ada yang mengusung tema seragam pejuang seperti yang dikenakan oleh Bung Tomo tempo dulu. Ada yang memakai seragam TNI lengkap baik dari kesatuan TNI AD, TNI AL maupun TNI AU. Bahkan beberapa peserta hanya mengenakan kaos oblong doreng serta celana panjang hijau TNI. Bupati Sambari yang menjadi Inspektur upacara mengenakan seragam Bung Tomo lengkap dengan topi baja.

(Foto: BG/Amn)

Saat keluar dari ruang kantor, Bupati di dampingi oleh Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim dan Sekda Gresik Djoko Sulistio Hadi. Keduanya juga mengenakan seragam sama seperti yang dikenakan Bupati Gresik, hanya topi saja yang berbeda.

Saat memasuki lapangan upacara, Bupati Sambari dikawal dua ajudannya yang juga berpakaian pejuang dilengkapi bambu runcing. Di ujung bambu runcing tampak terpasang bendera merah putih kecil bak bambu runcing yang dikenakan pejuang rakyat tempo dulu.

Bupati yang membacakan sambutan Menteri Sosial mengatakan, upacara kali ini untuk mengingat perjuangan para pahlawan pada 10 Nopember 1945 lalu. Penekanannya untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur.

(Foto: BG/Amn)

“Saat ini kita dalam masa perenungan kejadian tersebut, betapa sulitnya kita berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Hal ini penting untuk memotivasi masyarakat menuju persatuan dan kesatuan bangsa ke depan dan sampai kapanpun,” katanya.

Ditambahkan Sambari, pemakaian busana pejuang ini untuk menggugah kembali rasa patriotisme. Sehingga masyarakat saat ini khususnya pada generasi mendatang tetap menjunjung tinggi perjuangan pahlawan yang telah gugur saat berjuang.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono mengatakan,  upacara Hari Pahlawan mengenakan seragam pejuang tempo dulu atas keinginan Bupati Gresik. Dia berharap semua peserta upacara menghayati jasa para pejuang.

(Foto: BG/Amn)

“Semoga dengan memperingati hari pahlawan bernuansa tempo dulu ini, para PNS Pemkab Gresik semakin matang dalam bertugas melayani masyarakat setiap harinya,” ungkap Suyono seperti harapan yang disampaikan Bupati kepada dirinya.

Usai melaksanakan upacara, Bupati Gresik yang didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari bersama seluruh jajaran Forkopimda Gresik menyerahkan sejumlah penghargaan kepada berbagai pihak yang berprestasi. (sdm/adv)