Peringati Hari Pahlawan, Anak TK di Bawean Bersihkan Sungai

0
18 views
Anak TK di Pulau Bawean Gresik menggelar aksi bersih-bersih sampah di sekitar sungai. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com –┬áPuluhan anak TK Aisyiyah 17 Sangkapura melakukan aksi bersih-bersih sampah yang berserakan di sekitar sungai Desa Sawah Mulya, Kecamatan Sangkapura Bawean, Kabupaten Gresik, Jumat (10/11/2017).

Kegiatan bersih-bersih sampah yang dilakukan oleh puluhan anak TK bersama wali murid serta para dewan guru ini merupakan refleksi dalam rangka memperingati hari pahlawan.

Pantauan di lapangan, tanpak ibu-ibu wali murid antusias membersihkan aliran sungai dengan alat seadanya. Mereka bahkan tak segan memungut sampah yang menumpuk di sungai dengn menggunakan tangan.

Aksi bersih sampah di sungai dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional. (Foto: BG/Abr)

Kepala TK Aisyiyah 17 Sangkapura Shofiyah Istiqomah mengatakan, kegiatan bakti sosial dengan cara membersihkan sampah ini dimaksudkan untuk memupuk kesadaran bersih lingkungan kepada anak sejak dini.

“Ketika saya cerita tentang pahlawan maka anak-anak juga ingin jadi pahlawan, maka saya arahkan dengan menjada kebersihan juga bisa menjadi pahlawan,” katanya.

Apalagi bersamaan dengan momentum peringatan Hari Pahlawan Naainal. Ia menekankan kepada anak bahwa anak juga bisa menjadi pahlawan dengan cara menjaga kebersihan lingkungannya.

Namun demikian, Shofiyah menyayangkan hingga saat ini belum tersedianya tempat penampungan akhir (TPA), sehingga memicu lemahnya kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan.

“Sayang sekali, belum ada TPA di Bawean apalagi tingkat kesadaran warga untuk menjga kebersihan lingkungan masih sangat rendah,” pungkasnya. (abr)