Muncul Petisi Tolak Proyek Renovasi Alun-alun Gresik

0
366 views
Alun-alun Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Rencana Pemetintah Kabupaten (Pemkab) Gresik membangun Islamic Center di kawasan alun-alun Gresik belakangan ditentang keras oleh sebagian warganya. Aksi penolakan itu dilakukan lewat media sosial Facebook dan Twitter.

Munculnya penolakan renovasi kawasan Alun-alun Gresik ini mendapat tanggapan beragam dari para netizen. Ada yang secara tegas menolak mega proyek itu, tapi tidak sedikit pula yang mendukung, dengan mengemukakan beragam alasan.

Tak hanya melalui di jejaring media sosial seperti Facebook dan Twitter, penolakan atas proyek renovasi kawasan Alun-alun Gresik juga disampaikan lewat petisi yang dimuat laman change.org. Sampai saat ini mendapat dukungan dari 211 pengunjung.

Petisi penolakan atas proyek renovasi Alun-alun Gresik yang dibuat atas nama DPC Pemuda Demokrat Gresik itu diberi judul “Stop Pembangunan Proyek Renovasi Alun-alun Gresik. Wujudkan Konsep Membangun Desa, Menata Kota”.

Petisi tersebut ditujukan kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, Ketu DPRD Kabupaten Gresik Abdul Hamid dan Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Gresik.

Dalam petisi itu dikemukakan beberapa alasan penolakan atas proyek tenovasi Alun-alun Gresik. Pertama, renovasi alun-alun menjadi Islamic Center dinilai tidak tepat karena memakan biaya besar yakni Rp 19,2 miliar. Sementara masih banyak wilayah Gresik yang perlu untuk diperbaiki.

Selain itu, pertimbangan ada banyak situs sejarah dikawasan tersebut dan tingkat kemiskinan yang masih tinggi, serta banyaknya angka pengangguran di wilayah Kabupaten Gresik menjadi dasar adanya penolakan terhadap proyek tersebut.

Pertimbangan lain, pendanaan proyek renovasi kawasan Alun-alun Gresik dinilai kurang rasional antara pagu sebesar Rp 19.200.000.000,00 dan HPS sebesar Rp 19.199.984.100,00 (data LPSE Gresik). Terakhir, yakni terkait track record atau jejak rekam perusahaan pemenang tender.

“Maka dari itu, kami rakyat gresik dengan ini meminta kepada Bupati Gresik, Wakil Bupati Gresik, Ketua DPRD Gresik dan Dinas PU & Tata Ruang untuk menghentikan pembangunan renovasi kawasan Alun-alun Gresik,” demikian bunyi petisi itu. (abr)