Cegah Gesekan, Komunitas Pencak Silat di Gresik Gelar Deklarasi Damai

0
351 views
Pesilat dari berbagai perguruan yang ada di Gresik menggelar deklarasi damai di GKB. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Puluhan pesilat dari berbagai perguruan yang ada di Kabupaten Gresik melakukan deklarasi damai di bundaran Gresik Kota Baru (GKB), Minggu (9/4/2017). Deklarasi damai digelar guna mencegah gesekan antar perguruan silat.

Selain deklarasi damai, para pesilat dari berbagai perguruan tinggi di Gresik itu juga membentuk komunitas Pasukan Perdamaian Pencak Silat Indonesia (P3SI) Korwil Gresik. Komunitas ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi di antara mereka.

“Melihat banyaknya perguruan pencak silat di Gresik kadang menimbulkan gesekan perselisihan, maka kami membentuk komunitas ini agar terjalin perdamaian antar pesilat di Kabupaten Gresik,” kata Rey, Ketua komunitas P3SI Korwil Gresik.

Menurut dia, deklarasi damai inu adalah pertemuan yang pertama kalinya untuk Kabupaten Gresik. Dalam pertemuan itu, terpilih Mas Rey sebagai ketua komunitas dan Bagus sebagai wakil ketua komunitas.

Kegiatan ini dihadiri berbagai perguruan yakni dari pencak silat Nu Pagar Nusa, IKS PI Kera Sakti, Persaudaraan Rumpun Setia Hati (PRSH), Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW), Pencak Silat Pandan Alas dan terakhir yakni pencak silat Gaspi.

“Semoga dengan adanya komunitas ini, kami bisa lebih menyebarkan virus-virus perdamaian antar perguruan beladiri di Gresik sehingga pencak silat bisa menjadi lebih ramah dan bersahabat,” Jelas Rey.

Komunitas ini terkoordinasi dalam group Facebook “Pasukan Perdamaian Pencak Silat (Fresik)” sejak tahun 2016, dan baru kali ini bisa bertatap muka langsung. (abr)