Peringati Maulid Nabi, PHBI Desa Sidomulyo Santuni Anak Yatim

0
257 views
Peringatan Maulid Nabi dan pemberian santunan kepada anak yatim di Desa Sidomulyo, Sidayu, Gresik. (Foto: BG)

BeritaGresik.com – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Tahlilan Kubro, Selasa (10/1/2017) malam.

Kegiatan yang disertai dengan pemberian santunan kepada sejumlah anak yatim itu diprakararsai oleh panitia dari pemerintah desa bekerjasama dengan ormas ranting NU, badan otonom (banom) Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, IPNU dan IPPNU.

Tanpak hadir dalam kesempatan itu Muspika Sidayu, antara lain Camat Sidayu Suprapto dan Kapolsek Sidayu AKP Siswanto, serta penceramah peringatan Maulid Nabi dari Surabaya KH. Imam Hambali.

Ketua pelaksana Panitia Hari Besar Islam (PHBI) yang sekaligus Kepala Desa Sidomulyo Mohammad Habib menuturkan, kegiatan keagamaan tahunan ini sama dengan kegiatan Maulid Nabi pada umumnya.

“Selain memperingati kelahiran junjungan nabi besar kita, juga memupuk kecintaan kepada anak yatim dengan beberapa cara, salah satunya menyantuni dan budaya berbagi kasih,” kata Habib dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, lecintaan terhadap anak yatim dengan memberikan santuni kepada mereka merupakan pembelajaran langsung dari Nabi Muhammad SAW yang sudah seharusnya dijalankan ummatnya.

“Tentang mengasihi dan menyantuni yatim sebagai umatnya, kita harus menjalankan untuk keningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” ucapnya.

Desa Sidomulyo, Sidayu, selama ini dikenal sebagai desa berwawasan pendidikan. Di desa ini tersedia fasilitas hotspot di tiap rumah.Bagi warganya wajib mematikan televisi mulai pukul 18.00 Wib hingga pukul 20.00 Wib. (as)