Meriahnya Agustusan di Desa Sungonlegowo Bungah

0
29 views
Seni dan budaya pencak silat turut memeriahkan agustusan di Desa Sungonlegowo, Bungah, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali bagi masyarakat yang tinggal di Desa Sungonlegowo, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

Sejumlah seni kebudayaan yang ada di Desa Sungonlegowo, Bungah, Gresik tanpak ditampilkan pada malam perayaan Agustusan sekaligus Haul sesepuh desa, yakni Mbah Monggol, Mbah Tuan dan Mbah Tondo, Selasa malam (8/8/2017).

Selain dalam rangka merayakan HUT ke-72 RI dan haul sesepuh desa yang dipimpin oleh Kepala Desa Sayuti, pertunjukan seni budaya ini menjadi ajang untuk lebih memperkenalkan sekaligus melestarikan beragam seni budaya di Sungonlegowo.

(Foto: BG/As)

Kegiatan ini diadakan oleh Karang Taruna Desa Sungonlegowo yang dipimpin Rosis bekerjasama dengan Persatuan Silat Islam (Persis) Sungonlegowo yang dikomandoi Taufiq. “Kegiatan ini sekaligus juga untuk melestarikan seni pencak silat,” kata Rosis.

Menurut dia, pihaknya tetap menjalin kerja sama antar desa, khususnya dengan desa-desa di Gresik utara, untuk melestarikan seni budaya seperti pencak silat. Rosis menyebutkan, setidaknya kegiatan malam itu dihadiri sebanyak 20 perguruan silat.

(Foto: BG/As)

“Ini merupaka ajang silaturahmi sekaligus mengasah dan melestarikan seni dan budaya leluhur. Untuk hiburan macanan dan monyetan dalam satu rangakaian acara malam,” paparnya.

Kegiatan agustusan ini juga menampilkan banjari, lailatul qiroah dan lomba adzan. Ada juga lomba bersi kampung dan lomba administarasi, jalan sehat dan puncaknya pada 30 Agustus mendatang akan digelar orkesan grup Monata dari Sidoarjo. (as)