Arus Balik Mudik Mulai Memadati Pelabuhan Gresik

Kapal penumpang di Pelabuhan Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Gelombang pemudik arus balik dari Pulau Bawean menuju Gresik mulai terlihat di pelabuhan Gresik pada Sabtu (8/6/2019).

Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik mencatat sekitar 1.000 pemudik arus balik memadati Pelabuhan Gresik pada H+3 Lebaran.

Kepala Kantor KSOP Kelas II Gresik, Totok Mukarto mengatakan secara keseluruhan arus mudik dan balik pada tahun ini tidak ada kendala apapun.

“Sudah mulai terlihat tanda-tanda adanya gelombang pemudik arus balik, dan hari ini (kemarin) pemudik arus balik dari Bawean mulai memadati pelabuhan Gresik,” ujar Totok saat memantau arus balik di Pelabuhan Gresik.

Dia juga mengatakan bahwa cuaca tidak begitu baik sehingga hanya ada tiga kapal yang dapat berlayar mengangkut para pemudik di Pelabuhan Gresik.

“Pada hari ini sebanyak tiga kapal yang berlayar dari Gresik menuju Bawean maupun sebaliknya,” jelasnya.

KSOP Gresik menekankan kepada nakhoda kapal agar selalu memperhatikan faktor cuaca. Mereka juga diminta tidak memaksakan melayani angkutan pelayaran bila cuaca tidak kondusif.

Totok memprediksi puncak arus mudik terjadi pada hari ini, Sabtu dan Minggu (9/6) sebab pada Senin (10/6) masyarakat mulai beraktifitas seperti biasa.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian menjelaskan bahwa hari ini total sebanyak tiga kapal disiapkan pasca cuaca buruk yang di laut Jawa pada Jum’at (7/6/2019) kemarin.

“Kapal Blue Sea Jet bertolak terlebih dahulu pukul 05.00 WIB dengan membawa 311 penumpang dewasa dan 18 balita kemudian disusul kapal Express Bahari pukul 08.00 WIB dan kapal Natuna Express pukul 09.00 WIB.

“Hari ini ketinggian ombak 1,9 meter kalau kemarin cuaca buruk ketinggian ombak 2 meter lebih,” ujar Hotman.

Menurutnya, arus balik dari Pulau Bawean menuju Gresik cukup padat, diprediksi 900 pemudik kembali ke Gresik.

Hotman bersyukur penyelenggaraan angkutan laut lebaran di Pelabuhan Gresik berjalan aman, tertib dan nyaman.

“Posko angkutan laut lebaran pelabuhan gresik akan terus memantau dan memonitor pergerakan penumpang hingga nanti berakhirnya posko pada tanggal 21 Juni 2019. Semoga mudik bareng, asyik lancar sebagaimana slogan mudik tahun 2019 ini berjalan lancar,” tutup Hotman. (as)

No Response